Fish

materi tik kelas x...

MATERI TIK KELAS X

A. Mengaktifkan dan Mematikan Komputer Dengan Prosedur Yang Benar

1. Prosedur Mengaktifkan Komputer

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengaktifkan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft Windows adalah sebagai berikut :


a. Pastikan semua kabel power di komputer sudah terhubung dengan jaringan listrik.
b. Hidupkan CPU dengan menekan tombol on di casing.
c. Hidupkan monitor dengan menekan tombol on di monitor.
d. Tunggu sampai prosedur booting selesai yang ditandai dengan tampilnya gambar desktop di layar monitor.


2. Prosedur Mematikan Komputer
Cara mematikan komputer apabila menggunakan sistem operasi Microsoft adalah menggunakan prosedur shut down. Prosedur shut down merupakan prosedur untuk memutuskan segala perangkat keras yang sedang aktif di CPU yang dikoordinasikan oleh sistem opersasi (Microsoft Windows). Berikut ini adalah prosedur shut down pada Microsoft Windows XP:
a. Tutup semua program aplikasi yang masih aktif.
b. Klik tombol Start dengan mouse di destop menu.
c. Klik tombol Turn Off Computer
d. Klik Turn Off di kotak dialog Turn Off Computer.
e. Tunggulah beberapa saat sampai komputer mati sendiri.




B. Menggunakan Perangkat Lunak Program Aplikasi


Komputer tidak hanya memerlukan perangkat lunak sistem operasi seperti Windows 98SE, Windows 2000, Windows XP atau Linux saja, tetapi juga perangkat lunak sistem aplikasi komputer. Secara garis besar, program aplikasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut:


1. Program pengolah kata (Word Processor). Contohnya Notepad, WordPad, Microsoft Word, Word Perfect, dan Star Office. Program ini digunakan untuk membuat dokumen berupa tulisan, surat, brosur atau dokumen lainnya.
2. Program pengolah angka. Contohnya Lotus 123, Microsoft Excel. Program ini sangat berguna untuk melakukan perhitungan seperti pembukuan di kantor.
3. Program pengolah grafis, digunakan untuk mengolah grafis, membuat rancangan grafis, mengolah/pengeditan photo dan lain-lain. Program ini Contohnya Adobe Photoshop, Corel Draw, Microsoft Paint, dan lain-lain.
4. Program pengolah database, digunakan untuk merancang database. Contohnya Microsoft Access atau Foxbase,MySQI, dan SQIServer.
5. Program Presentasi. Program ini digunakan untuk membuat presentasi. Contohnya Microsoft PowerPoint.




C. Ketentuan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi


1. Menerapkan Aturan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK


Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat mendaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia. Hal tersebut dilakukan agar produk barunya tidak bias ditiru, dipalsukan, ataupun digandakan oleh seorang ataupun perusahaan lain.
Dalam dunia teknologi dan informasi khususnya computer, hak paen terhadap merek dagang jga diberlakukan. Merek-merek dagang yang telah mendapat hak paten akan mendapatkan kekuatan hukum, sehingga produk ciptannya tidak bisa dipakai orang atau perusahaan lain tanpa seijin pemilik hak cipta/paten. Apabila seseorang atau peusahaan ingin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.
Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
• Microsoft Corp. Mengeluarkan produk software system operasi Microsoft Windows, MS DOS, software aplikasi Microsoft Office, dan lain-lain.
• Adobe Corp. Mengeluarkan software aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady dan software utility Adobe Acrobat Reader, dan lain-lain.
• Corel Corp. Mengeluarkan software aplikasi CorelDraw, WordPerpect, dan lain-lain.
• Winzip Computing Corp. Mengeluarkan program utility Winzip, dan lain-lain.
• Xing Technolgy Corp. Mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player, dan lain-lain.
• Norton Corp. Mengeluarkan produk antivirus Norton, dan lain-lain.
Usaha untuk menghasilkan ide atau gagasan hingga mewjudkannya menjadi suatu produk, tentulah tidak mudah. Perlu banak pengorbanan baik materi, wakt, pikiran, maupun tenaga. Oleh karena itu, merupakan kewajiban bagi kita bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, khususnya perangka lunak komputer.
• Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
• Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
• Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
• Menggunakan perangkat lunak yang asli.


2. Menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK.


Semua pekerjaan baik di perusahaan, kantor, bengkel, mapun di luar ruangan seperi di jalan raya mengutamakan fakor kesehatan dan keselamatan kerja (K3), karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan. Oleh karena itu, di setiap unit kerja biasanya terdapat departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat kita menggunakan komputer, apalagi bekerja memakai computer seharian penuh, tent sangat melelahkan. Meskipn hanya duduk dan mengoperasikan computer, namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja jga diperlukan. Ketahanan seseorang di depan computer dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain: Pengatuan posisi duduk yang benar, pengaturan cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.


3. Menghargai Haka Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) Dalam TIK
Pemerintah Indonesia berupaya untuk melindungi hasil karya cipta seseorang atau perusahaan dari pemalsuan, penggandaan, menyiarkan, memamerkan, dan pengedarannya. Oleh karena itu, pemerintah Republik Indonesia telah membuat undang-undang perlondungan tentang Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), yaitu Undang-undang No. 19 tahun 2002 tentang pelindungan Hak Cipta dan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) yang memebrikan sanksi terhadap pelanggaran tersebut. Berikut ini adalh kutipan tentang ketentuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No. 19 yahun 2002 (pasal 72, Ayat: 1,2, dan 3).
1. Barang siapa dengan sengajadan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana denan penjara masing-masing sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau dendan paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana di maksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
3. Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/ atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).


Dari hal tersebut diatas, jika mengutip atau mengopi hasil karya orang Lain maka diwajibkan untuk minta ijin kepada pemegang hak ciptanya. Adapun cara yang perlu dilakukan tentu tidak harus datang keperusahaan pembuat produk, namun cukup dengan membeli produk software asli yang sudah ada dipasaran. Hal tersebut dikarenakan izin atau lisensi dari perusahaan pembuat sudah terdapat di dalam produknya untuk digunakan secara bebas.


Sebetulnya untuk mengatasi masalah tersebut, kita bias mencari software yang freeware dab shareware artinya software tersebut dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas tanpa harus minta ijin kepada pembuatnya. Di pasaran banyak terdapat software yang freeware, salah satunya program linux. Program linux sendiri terdiri dari beberapa macam system operasi seperti Redhat, Fodore Core, Mandrake, Suse, Knoppix, dan lain sebagainya.


Namun dalam kenyataannya, masyarakat sering mengabaikan hal tersebut. Kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan software tanpa ijin atau software bajakan. Maraknya pembajakan software oleh masyarakat disebabkan oleh faktor-faktor berikut.


1. Pendapatan masyarakat yang relatif kecil.
2. Tingkat pendidikan yang relatif masih rendah.
3. Harga ijin atau lisensi software yang relative mahal.
4. Control pemerintah yang tidak tegas.


Adanya undang-undang tersebut sebenarnya menunjukkan bahwa pemerintah menjamin dan melindungi setiap orang atau perusahaan untuk terus berkarya dengan tidak mengabaikan kepentingan masyarakat luas. Artinya, dalam undang-undang tersebut disebutkan bahwa pemegan hak cipta dapat memberikan ijin kepada pihak lain untuk memperbanyak ciptaannya guna kepentingan pendidikan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.
Komputer DNA Nyontek dari Makhluk Hidup.
Computer DNA berawal dari ide Leonard M. Adleman, seorang ilmuan computer yang bekerja di Univercity of Southern California. Computer dan DNA merupak dua istilah yang berbeda.




D. Melakukan Setting Periferal pada Sistem Operasi Komputer


1. Setting Monitor dalam Komputer


Menentukan konfigurasi monitor yang baik dan tepat akan membuat kinerja computer menjadi lebih optimal. Apabila tampilan monitor baik, hasil pekerjaan juga akan baik Terdapat beberapa macam konfigurasi yang dapat diatur, diantaranya adalah Themes, Desktop, Screen Saver, Appearance, dan setting. Untuk mengatur tampilan monitor, lakukan langkah-langkah berikut:
1. Klik Start
2. Klik Control Panel
3. Klik Display, kemudian tentukan menu tampilan yang akan diatur.
4. Aturlah tampilan monitor sesuai keperluan. Setelah selesai klik OK.


a. Setting untuk mengatur resolusi monitor serta kualitas warna.


Penyetingan monitor lainnya adalah pengaturan jumlah warna dan resolusi monitor sehingga tampilannya lebih baik. Jumlah warna merupakan banyaknya warna yang bisa ditampilkan monitor. Jumlah warna yang tersedia antar lain :
• 8 bit = 256 warna
• 16 bit { High color } = 65.536 warna
• 24 bit { True color } 16.777.236 warna
Sedangkan tampilan resolusi merupakan jumlah titik {pixel} yang ditembak elektron ke layar dalam bidang horizontal dan vertical. Semakin banyak titik yang terjadi layar berarti resolusi semakin tinggi sehingga tampilan yang dihasilkannya pun semakin tajam. Resolusi yang ada sekarang antar lain : 640 x 480 pixel, 600 x 800 pixel,dan 1280 x 1024 pixel.
Selain monitor juga da perangkat lain yang digunakn untuk menunjang kualitas gambar,yaitu
VGA card (kartu grafis). Dengan menggunakan VGA card yang bukan on board (ada di dalam motherboard), seperti berbasis AGP (Accelerated Graphics Port) atau PCI Express, resolusi yang dihasilkan menjadi lebih tinggi.



Kelas X
Mematikan & menghidupkan komputer
Agustus 1, 2008 25 Komentar
http://hlasrinkosgorobogor.files.wordpress.com/2008/08/laptop-anak.jpg?w=300&h=200Ada beberapa permintaan yang masuk ke blog ini agar bahar ajar berbasis tik ditampilkan.  mudah-mudahan saat ini dan seterusnya, saya tetap konsisten mengupload bahan ajar berbasis tik.  untuk yang pertama, saya akan menambahkan bahar ajar tik kelas 10 (pertemuan awal : menghidupkan dan mematikan komputer).  semoga di kesempatan lain, saya bisa menghimpun beberapa bahan ajar berbasis tik dari mata pelajaran lain.  sehingga rekan-rekan yang membutuhkan dapat terbantu.
Prosedur menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:
1. Pastikan kabel2 sudah terpasang dengan baik dan benar pada komputer anda
2. Pasangkan kabel ke stop kontak
3. Tekan tombol ON pada penstabil tegangan, CPU, dan monitor
4. Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses Booting, yaitu suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk, drive, CD-ROM, dan CPU(Memory, Clock, RAM, dsb)
5. Setelah itu muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password. Apabila anda menggunakan sistem Windows 98, Windows NT atau Windows XP dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, Klik cancel pada kotak dialog password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses otorisasi.
6. Setelah proses otorisasi muncul dekstop. Pada tahap inilah komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.
Prosedur mematikan komputer adalah sebagai berikut:
http://hlasrinkosgorobogor.files.wordpress.com/2008/08/turn-off1.jpeg?w=117&h=751. Simpan document dan tutup semua program yang aktif.
2. Bila system operasi yang digunakan MS Windows, klik start lalu klik “turn off computer”
3. klik ok, maka komputer akan mati secara otomatis.
4. Tekan tombol OFF pada monitor dan penstabil tegangan.

Cara menggunakan Perangkat Lunak dan Aplikasi TIK

Sebelum menggunakan perangkat lunak aplikasi, Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar perangkat lunak Anda aktif. Apabila perangkat lunak aplikasi Anda belum terpasang, langkah pertama yang harus Anda lakukan, Yaitu meng-instal-nya tarlebih dahulu.

Cara meng-instal-nya, yaitu dengan memasang CD software aplikasi, kemudian klik Start-Run-Browse. Pada kotak Look in pilih Drive CD-ROM dan cari file setup.exe. Kemudian klik, open. Selanjutnya, klik OK, maka proses peng-install-an program aplikasi dimulai. Ikuti langkah-langkah pada proses peng-install-an tersebut.

Perlu Anda ketahui, dalam CD Microsoft Office terdapat program aplikasi Ms Word, Ms Excel, Ms Accsess, Ms Power Point, Ms Front Page, dan Ms Outlook. Hal ini berarti, sekali Anda meng-install Microsoft Office secara Full package (paket penuh), otomatis semua program aplikasi tersebut akan ter-install.

Setelah program Anda ter-install, klik Start-All Program, kemudian pilih ikon program aplikasi Anda.


FUNGSI, PROSES KERJA KOMPUTER, DAN PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIK

Fungsi dan Proses Kerja Peralatan ICT
Teknologi informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, pengiriman informasi tersebut akan lebih lama penyimpanannya.Sedangkan teknologi komunikasi merupakan dan teknologi yang berhubugan dengan segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima.Jadi teknologi Informasi dan Komunikasi berfungsi agar dapat meningkatkan kualitas kehidupan diberbagai bidang dan meningkatkan mutu hidup masyarakat.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
a. Peralatan Teknologi Informasi
1. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan.
2. Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). Gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul udara).
3. Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision; yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
4. Internet (Interconnected Network) yaitu jaringan komputer yang saling mentrasfer data menggunakan Internet Protool (IP).
5. Faksimili (fax) yaitu alat mengirim atau menerma Informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi.
b. Peralatan Teknologi Komunikasi
1. Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu.
2. Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah
3. Telepon adalah alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraan melalui sinyal listrik.
4. Telepon genggam seringnya disebut handphone (disingkat HP) atau disebut pula sebagai telepon selular (disingkat ponsel) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line konvensional, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel; wireless)
Mengenal Komputer
Definisi dan Sejarah Komputer
Computer adalah suatu system elektronik untuk memanipulasi data secara cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis dapat menerima dan menyimpan data input, memproses data tersebut, dan menghasilkan output (keluaran) berdasarkan langkah-langkah perintah pada program yang tersimpan di memori.
Sejak pertaama kali diperkenalkan pada tahun 1940-an, umumnya computer masih menggunakan model Von Neumann yang menggambarkan computer terbagi atas beberapa bagian, Unit matematika dan Logis (ALU), unit control, memori, serta alat masukan dan hasil.
Pengelompokan Komputer
Berdasarkan kemampuan pengelolaan data dan bentuk fisiknya dibedakan menjadi :
1. Mainframe: merupakan computer yang memiliki ratusan atau ribuan unit prosesor sehingga berukuran besar dengan kemampuan yang besar pula.
2. Minikomputer: merupakan bentuk mini dari computer mainframe yang memiliki puluhan unit prosesor.
3. Personal computer (PC) atau microcomputer: merupakan computer yang berukuran relatif kecil dan ditujukan untuk satu pemakai (single user).
4. Computerportabel: merupakan computer yang berukuran lebih kecil daripada PC sehingga mudah dibawa dan dipindahkan.
Berdasarkan jenis data yang diolah dibedakan menjadi:
1. Komputer Analog: digunakan untuk mengolah data kualitatif berdasarkan input dari keadaan lingkungan yang nyata, bekerja secara kontinu dan parallel.
2. Komputer Digital: digunakan untuk mengolah data kuantitatif, yaitu huruf,angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter-karakter khusus berdasarkan input dari pulsa elektronik.
3. Komputer Hibrid: merupakan kombinasi antara computer analog dengan digital, contohnya faksimili.
Proses Pengolahan Data
Membedakan data dan informasi
Data adalah kumpulan fakta yang memberikan gambaran tentang sesuatu. Pengolahan data adalah manipulasi data jadi bentuk lain yang lebih berarti dan lebih berguna sehingga akan memberikan suatu informasi. Jadi pengolahan data elektronik adalah manipulasi data nenjadi bentuk yang lebih berarti berupa informasi dengan menggunakan computer.
Siklus pengolahan data
System pengolahan data elektronik adalah system pengolahan data yang saling berhubungan dan bekerjasama satu dengan yang lain dan menggunakan peralatan computer.
Suatu system pengolahan data terdiri atas 3 tahapan dasar yaitu input, processing, dan output.
V. Perangkat Keras (Hardware) Komputer
Perangkat Keras adalah peralatan yang dapat disentuh dan terlihat fisiknya. Perangkat keras pada computer antara lain CPU (Central Processing Unit), Keyboard (papan ketik), dan monitor (layar)
Berdasarkan fungsinya dikelompokan menjadi:
1. Perangkat Input Data (Input Device) adalah perangkatyang digunakan untuk menerima input (memasukkan data dan perintah) ke dalam computer untuk diolah lebih lanjut.
a. Keyboard
Digunakan untuk megetik dan memasukkanperintah atau data yang akan diolah computer.
b. mouse
merupakan perangkat yang digunakan untuk mengontrol program aplikasi, terutama yang berbasis Grapical User Interface (GUI)
c. Kamera Digital
Merupakan kamera yang menggunakan sensor olektronik untuk mengubah data yang ditangkap menjadi data,kamera digital juga juga merupakan salah satu perangkat input.
2. Perangkat Proses Data (Processing)
CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari computer yang mengatur dan memproses seluruh kerja computer. Bagian dalam dari CPU terdiri atas komponen berikut :
§
Sound Card merupakan kartu tambahan yang digunakan untuk mengolah suara.
Slot Ekspansi, digunakan sebagai tempat menancapkan alat yang biasanya berupa kartu (card) §
Motherboard, merupakan komponen utama yang yang menentukan kemampuan § computer.seperti : mengorganisasikan,mengatur dan menentukan alat.
VGA Card, digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan monitor,monitor digital,video,atau TV. §
3. Perangkat Output Data (Output Device)
1. Monitor (Screen)
Merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketik pada keyboard setelah diolah oleh prosesor. Dan juga disebut dengan Visual Display Unit (VDU)
2. LCD Proyektor
Berfungsi untuk menampilkan gambar (Visual) hasil pemrosesan data.
3. Printer
Digunakan utuk mencetak dokumen dan gambar dari format elektronik (Softcopy) kedalam bentuk nyata (Hardcopy).
4. Speaker
Merupakan peangkat multimedia yang digunakan untuk mendengarkan opening sound ketika kompute sedang membaca sistm operasi.
5. Pariferal Device
Merupakan perangkat tambahan yang digunakan untuk mengoptimalkan fungsi computer .
4. Media Penyimpanan Data (Memori/Storage)
Storage Device (Perangkat Penyinpanan) merupakan media untuk menyimpan informasi baik melalui magnetisasi medium tertentu (Magnetic Storage Media) atau sinar laser (Optical Disk)
1. Media penyimpanan magnetic
a. Hard Disk
Disebut juga Hard Drive, media ini bersifat non-volatile artinya dapat menyimpan data meskipun tidak ada aliran listrik.
b. Disket (Floppy Disk)
Merupakan memori penyimpanan yang terdiri atas satu buah platter dan dilindungi oleh penutup berbentuk kotak tipis.
c. ZIP drive
merupakan media penyimpanan magnetic dengan head yang sangat kecil dan dapat menampung data hingga 750 MB.
d. Memory Card (flash memory card)
Perangkat ini merupakan media penyimpanan yang banyak dipakai pada peralatan computer dan elektronik, seperti kamera digital, laptop, handphone, ipod, serta video game console.
e. USB Flash disk (flash drive atau USB keys)
Perangkat ini memiliki kapasitas data yang besar, tidak gampang rusak, serta berukuran kecil hingga mudah dibawa-bawa.
2. Media Penyimpanan Optikal (Optical Disk)
a. CD (Compact Disk)
CD berbentuk lingkaran dengan diameter 120 mm serta memiliki lubang ditengahnya yang berdiameter 15 mm.
b. DVD (Digital Versatile Disk)
DVD adalah merupakan pengembangan dari CD. Bedanya, memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada CD biasa.
Media Jaringan Informasidan Komunikasi
1. Media Kabel
Merupakan alat penghubung untuk membangun jaringan informasi dan komunikasi menggunakan media kasat mata.
2. Media Nirkabel
Digunakan untuk menbangun jaringan komunikasi tanpa menggunakan media kasat mata, tetapi memanfaatkan gelombang elektromagnetik dan cahaya sebagai media.Media komunikasi Nirkabel antara lain:
a) Gelombang micro (microwave)
Merupakan gelombang elektromagnetik yang menggunakan frekuensi tinggi.
b) Satelit
Dipergunakan untuk komunikasi jarak jauh terutama pada daerah-daerah yang cakupannya luas dan belum ada jaringan telepon.
c) Gelombang Radio
Frekuensi yang dipergunakan pada gelombang radio berkisar antara 3 KHz sampai dengan 300 GHz.
d) Inframerah dan Bluetooth
Transmisi inframerah dipergunakan untuk komunikasi jarak dekat dengan kecepatan mencapai 4 Mbps.
Kelebihan dan Kekurangan jaringan komunikasi menggunakan media kabel :
1. Secara ekonomi, penggunaan media kabel lebih mahal disbanding penggunaan nirkabel
2. Biaya instalansi dan perawatan media kabel lebih mahal dibanding nirkabel
3. kondisi jaringan yang dibangun lebih baik dan kokoh secara structural disbanding penggunaan nirkabel.
4. komunikasi jaringan kabel memiliki ruang lingkup yang terbatas, terutama penggunaan jaringan komunikasi pada area luas atau jarak jauh.
Cara Kerja Modem dan Fungsi Satelit Pada Jaringan Komunikasi
Cara Kerja Modem
Modem adalah perangkat tambahan untuk computer, baik berupa card (modem internal) maupun eksternal.Ada beberapa modem yaitu dial-up cable modem, dan DSL modem. Modem dapat digunakan secara bersama menggunakan network card. Kecepatan akses internet tergantung pada jenis koneksi dan modemnya. Kecepatan minimal modem adalah 28.800 bps.
Fungsi Satelit
Digunakan untuk komunikasi jarak jauh, satelit pengirim atau penerima dapat bergerak kemana saja ketika menerima atau mengirim data. Contoh: Penggunaan satelit pada komunikasi data. Yaitu pada ATM, internet, telepon, dan siaran televisi.
Fungsi dan Cara Kerja Perangkat Lunak atau Software Aplikasi TIK
Pengelompokan Perangkat Lunak (Software) Aplikasi
Sofhware aplikasi merupakan sekumpulan program/perintah yang secara khusus digunakan untuk mengolah data. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi 2 macam:
1. Program Aplikasi :
Merupakan program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. Contohnya, GL dan MYOB.
2. Program Paket:
Merupakan program khusus yang dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Contohnya Ms.Word dan Ms.Excel.

Senin, 14 Desember 2009

Pengertian Jaringan dan macam-macam jaringan komputer




Pengertian Jaringan komputer :

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang
http://3.bp.blogspot.com/_pzXA36uxvkw/SzL9mTU9NlI/AAAAAAAAAAo/U30EW6or0Tk/s320/lan.png terhubung. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama dan bersama sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Tiap komputer, printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua, puluhan, ribuan atau bahkan jutaan node. Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih komputer yang saling berhubungan diantara satu dengan yang lain, dan saling berbagi sumber daya misalnya CDROM, Printer, pertukaran file, atau memungkinkan untuk saling berkomunikasi secara elektronik. Komputer yang terhubung tersebut, dimungkinkan berhubungan dengan media kabel, saluran telepon, gelombang radio, satelit, atau sinar infra merah.


Jenis-Jenis jaringan berdasarkan jangkauan :

Ada 3 macam jenis Jaringan/Network yaitu :

a. Local Area Network (LAN) /Jaringan Area Lokal.
Sebuah LAN, adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relative kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan seperti sebuah perkantoran di sebuah gedung, atau sebuah sekolah, dan biasanya tidak jauh dari sekitar 1 km persegi.
Beberapa model konfigurasi LAN, satu komputer biasanya di jadikan sebuah file server. Yang mana digunakan untuk menyimpan perangkat lunak (software) yang mengatur aktifitas jaringan, ataupun sebagai perangkat lunak yang dapat digunakan oleh komputer-komputer yang terhubung ke dalam network. Komputer-komputer yang terhubung ke dalam jaringan (network) itu biasanya disebut dengan workstation. Biasanya kemampuan workstation lebih di bawah dari file server dan mempunyai aplikasi lain di dalam harddisknya selain aplikasi untuk jaringan. Kebanyakan LAN menggunakan media kabel untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya.

b. Metropolitan Area Network (MAN) / Jaringan area Metropolitan
Sebuah MAN, biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar wilayah dalam satu propinsi. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan-jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar, sebagai contoh yaitu : jaringan Bank dimana beberapa kantor cabang sebuah Bank di dalam sebuah kotaUjung PandangSurabaya.

c. Wide Area Network (WAN) / Jaringan area Skala Besar

Wide Area Networks (WAN) adalah jaringan yang lingkupnya biasanya sudah menggunakan sarana Satelit ataupun kabel bawah laut sebagai contoh keseluruhan jaringan BANK BNI yang ada di Indonesia ataupun yang ada di Negara-negara lain. Menggunakan sarana WAN, Sebuah Bank yang ada di Bandung bisa menghubungi kantor cabangnya yang ada di Hongkong, hanya dalam beberapa menit. Biasanya WAN agak rumit dan sangat kompleks, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAN dan WAN ke dalam Komunikasi Global seperti Internet. Tapi bagaimanapun juga antara LAN, MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal, hanya lingkup areanya saja yang berbeda
satu diantara yang lainnya.
Dalam sebuah jaringan komputer biasanya terhubung banyak komputer ke sebuah atau beberapa server. Serverkomputer yang difungsikan sebagai “pelayan” pengiriman data dan atau penerimaan data serta mengatur pengiriman dan penerimaan data diantara komputer-komputer yang tersambung. Fungsi pelayanan ini dimungkin oleh adanya penggunaan perangkat lunak khusus untuk server. Perangkat lunak yang dulu dikenal antara lain adalah Xenix dari IBM, UNIX, Novell dan Microsoft Windows 3.11 dan beberapa merk lainnya. Saat ini yang umum dipergunakan orang adalah perangkat lunak Novell dan Windows NT dari jenis-jenis keluaran terbaru yang memiliki kompatibilitas dengan jaringan internet. Kompatibilitas ini atau kecocokan ini dimungkinkan oleh karena perusahaan produsennya telah mengembangkan produknya dengan menambahkan sistem TCP/IP. Sistem TCP/IP dipergunakan dalam jaringan internet sebagai sistem pengiriman meta data dan pengontrolannya.
Secara fisik, jaringan komputer merupakan komputer yang dihubungkan dengan kabel data. Ada beragam jenis kabel data yang dibuat untuk penggunaan tertentu seperti kabel RG 58 untuk didalam ruangan, dapat juga mempergunakan kabel UTP. Untuk hubungan jaringan komputer antar gedung dapat dipergunakan kabel RG8kabel backbone. Apabila anda membangun jairngan komputer antar gedung sebaiknya memperhatikan keamanannya dari gangguan petir. atau yang dikenal sebagai
Model penyambungan antara komputer didalam sebuah jaringan komputer juga ada beberapa macam yang secara umum ada 3 buah model yaitu :
1. Model BUS, dimana komputer dan server dihubungkan pada sebuah kabel saja secara berderet. ujung-ujung kabel data diberi komponen elektronik yang disebut terminator, yaitu semacam resistor terbungkus logam dengan nilai tahanan sebesar 50 ohm.
2. Model Star, dalam model ini dipergunakan alat tambahan yang disebut hub sebagai penghubungnya. Hub memiliki lubang konektor sejumlah tertentu, ada yang memiliki 8 buah lubang koneksi (disebut port), 12 port atau 16 port dan 24 port. Kabel data dari masing-masing komputer atau server dihubungkan pada alat ini.
3. Model Token Ring, dalam hubungan komputer model ini, kabel penghubung antar komputer dibuat seperti lingkaran (ring). Komputer yang dihubungkan secara berderet pada sebuah kabel data kemudian ujung satu dan ujung satunya lagi dari kabel tersebut dihubungkan.


Fungsi dan cara kerja hardware computer.

Perangkat Keras Komputer


Seperti yang telah kita bahas dalam pertemuan kelas beberapa waktu lalu bahwa pada dasarnya komputer terdiri atas beberapa perangkat diantaranya adalah :
1. Hardware, dimana pengertiannya adalah Perangkat dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer
2. Software, adalah Dokumentasi program yang dipergunakan untuk menyelesaikan berbagai penyelesaian masalah yang dikehendaki.
3. Dan Brainware, adalah orang yang menggunakan komputer.
Dalam postingan ini kita akan mencoba mengenal lebih jauh tentang berbagai perangkat keras atau hardware yang terdapat dalam sebuah sistem komputer.
Hardware dalam sistem komputer dibagi menjadi dalam beberapa bagian diantaranya adalah :
1. Perangkat Input
2. Perangkat Proses
3. Perangkat output.
Perangkat Input atau output sering dikenal dengan istilah I/O device atau Input / Output Device. I/O device ini adalah perangkat-perangkat komputer yang digunakan untuk masukan dan keluaran. I/O device ini bisa terdapat di dalam atau di luar CPU.

Perangkat yang terdapat di luar CPU dikenal dengan istilah Periferal. Saya yakin contohnya sudah bisa kalian tebak dan sebutkan tentunya. Ya!!! tepat perangkat di luar CPU diantaranya adalah Keyboard, mouse, monitor ataupun printer.

Sedangkan perangkat yang terdapat dalam CPU dikenal dengan istilah
Storage Device. Contoh storage device ini seperti Hardisk, CD Room, Disk Drive dan lain sebagainya.
Di dalam CPU terdapat CU atau Control Unit, RAM dan ROM. Control unit ini berfungsi untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.
Selain CU atau Control Unit ada juga yang namanya ALU atau Aritmatic Logical Unit yang berfungsi untuk melakukan berbagai kegiatan yang terkait dengan perhitungan-perhitungan yang dilakukan.
Perangkat-Perangkat Yang di Gunakan Dalam Sistem Komputer
Seperti yang saya katakan di awal postingan ini , bahwa kali ini saya akan membahas perangkat-perangkat yang sering kita gunakan dalam sebuah sistem komputer. Saya yakin bahawa banyak diantara siswa saya yang sudah memahami dan mengetahui perangkat-perangkat apa saja yang sering digunakan atau harus terdapat didalam sebuah sistem komputer. Ya!!! betul sekali diantaranya adalah :
  1. Keyboard
  2. Mouse
  3. Monitor
  4. Printer
  5. CPU (Central Processing Unit)/ Perangkat Proses
PERANGKAT INPUT/OUTPUT
Keyboard
Keyboard ini adalah merupakan alat yang banyak digunakan dan menjadi mutlak untuk di gunakan. Keyboard memiliki fungsi yang mirip dengan mesin ketik (kalau jaman dahulu). Hanya saja keyboard ini memiliki beberapa kemampuan tambahan diantaranya adalah terdapat tombol-tombol fungsi mulai dari F1 sampai dengan F12 yang umumnya digunakan untuk suatu perintah yang diberikan namun perintah tersebut tergantung daripada aplikasi atau program yang sedang digunakan.

Keyboard yang ada selama ini terbagi menjadi 2 jenis yakni Keyboard QWERTY dan jenis keyboard DVORAK. Namun keyboard yang sering digunakan dan banyak digunakan saat ini adalah keyboard jenis QWERTY (lihat keyboard kalian disana terdapat huruf QWERTY yang berderetan). Dengan pertumbuhan tehnologi yang sangat pesat mengakibatkan saat ini keyboard sudah menggunakan tehnologi yang super canggih misalkan keyboard dengan tehnologi USB dan wireless (tanpa kabel).


Struktur tombol pada keyboard

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak     terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan–penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4 (empat) , yaitu:

• Tombol Ketik (typing keys)

Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
• Numeric Keypad

Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur  angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
• Tombol Fungsi (Function Keys)

Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
• Tombol kontrol (Control keys)

Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

MOUSE

Mouse ini adalah sebuah alat yang digunakan sebagai pengatur posisi kursor (tanda panah yang sering kali bergerak ketika kita menggeserkan mouse). Pada awalnya mouse yang ada adalah masih menggunakan roda di bawahnya, namun dengan perkembangan yang pesat dari tehnologi saat ini mengakibatkan perkembangan perangkat komputer mengalami kemajuan yang luar biasa, saat ini mouse sudah menggunakan tehnologi infrared dan tehnologi wireless.

SCANNER

Scanner adalah alat yang digunakan secara otomatis untuk memasukkan data baik berupa huruf, angka maupun gambar pada selembar kertas atau objek lain ke dalam CPU dan akan ditampilkan pada layar monitor. Scanner pada awal pembuatannya adalah dibuat hanya untuk memasukkan sample dari suatu penelitian pada selembar kertas dan menjalankan operasi berdasarkan nilai yang diterimanya. Namun dengan perkembangan tehnologi yang sedemikian pesatnya scanner saat ini sudah bisa digunakan untuk memasukkan objek dari sebuah benda secara langsung sehingga objek yang masuk ke dalam komputer dapat berupa gambar seperti 3 dimensi. Dan kini dipasaran telah dapat kita jumpai scanner yang difungsikan juga sebagai printer dalam satu mesinnya.


Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat yang berguna menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input
Ada 2 model atau jenis monitor yang saat ini sering digunakan oleh kebnyakan orang diantaranya adalah monitor jenis
http://1.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIubluu5w5I/AAAAAAAAAF8/-T-YEX_ri-U/s200/CRT.jpeg
Monitor Jenis CRT

http://4.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIub3ZwtKyI/AAAAAAAAAGE/c4_2MkmTG0c/s200/LCD.jpeg
Monitor Jenis LCD










http://4.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIuc3KiGzlI/AAAAAAAAAGM/vsJF3NzCzgE/s320/dotmatriks.jpeg
Printer Dotmatrix
Printer (Alat Cetak)
Peranti ini berfungsi untuk  mencetak proses dari  masukan (Input)
Jenis – Jenis Printer

Secara garis besar,  printer terdiri atas:
a.    Dot Matrix Printers, yang bekerja dengan cara hentakan. Jenis printer ini sebenarnya menghentakkan tinta diatas karbon untuk membentuk karakter dikertas. Printer ini banyak digunakan untuk mencetak slip gaji dan wartel.
b. Inkjet Printers. Jenis printer ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit  dan tidak mengutamakan kecepatan, seperti mencetak surat di perkantoran dan di rumah.
c. Laser Printers, ialah jenis printer yang menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi. Printer ini didesain untuk memberikan hasil yang bagus dalam pencetakan grafik dan photo.
 Speaker
Peranti ini berfungsi untuk menghasilkan suara yang telah diproses di dalam komputer


PERANGKAT PROSES
adalah perangkat yang digunakan untuk melaksanakan kumpulan instruksi yang akan ditujukan untuk menghasilkan suatu hasil yang dikehendaki.

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa bagian yakni :

1. Motherboard.
Sebuah papan induk yang menyediakan koneksi logic dan elektrik antar komponen dalam sebuah komputer. Pada komputer modern motherboard merupakan PCB yang kompleks dan berisikan komponen dan interkonektor seperti soket dan slot. Minimal di dalam motherboard terdiri atas konektor :
-    Soket Microprosesor
-    Slot ke memori utama
-    Chipset yang menjadi perantara antara CPU dengan Front-side Bus yang berfungsi untuk mengendalikan perangkat input/output lain
-    Chip memory Non-Volatile (tetap), biasanya berupa Flash ROM seperti BIOS
-    Generator waktu yang mengendalikan waktu sistem dan sikronisasi berbagai macam komponen
-    Slot untuk kartu tambahan berupa PCI dan AGP
-    Konektor daya untuk menerima suplay energi dari power supply.

2.
Memori
Memori merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data, instruksi yang harus dilakukan proses maupun hasil dari proses yang dilakukan oleh sebuah komputer. Berdasarkan sifat data yang disimpan maka memori di kelompokkan dalam :
a.    ROM
b.    RAM
ROM
atau Read Only Memory adalah medium penyimpanan data pada komputer. ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam komputer. ROM bersifat permanen artinya adalah program/ data yang disimpan di dalam ROM tidak mudah hilang atau berubah walaupun aliran listrik dimatikan.

ROM di dalam komputer modern berupa IC. Data dalam ROM dimasukkan langsung melalui mask pada saat perakitan chip, hal ini yang membuatnya sangat ekonomis terutama jika kita memproduksi dalam jumlah yang bahnyak. Namun hal ini juga yang membuatnya mahal karena bersifat tidak fleksibel. Sebuah perubahan walaupun hanya 1 bit membutuhkan mask baru yang barang tentunya tidak murah.


RAM
atau Random Akses Memory adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isisnya dapat diakses dalam waktu yang tidak tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Perusahaan semikonduktor yang mulai debut pertamanya memproduksi RAM ini adalah INTEL dengan memproduksi RAM dengan tipe DRAM.
Saat ini dipasaran juga dapat dijumpai jenis/ tipe RAM diantaranya jenis : DDR

3.
Processor
Adalah lempengan khusus berisi rangkaian IC (Integrated Circuit) yaitu kumpulan transistor terpadu dalam satu silikon, contohnya Intel, AMD. Processor digunakan untuk memperoses data atau program yang dimasukkan melalui peralatan input.

4.
BIOS
Adalah merupakan singkatan dari Basic Input Output System. BIOS merupakan semacam software yang langsung terinstal dalam chip yang dijalankan oleh PC manakala komputer dihidupkan. Fungsi BIOS adalah mengidentifikasi dan menganalisis komponen perangkat keras seperti hardisk, CD, Floopy serta untuk mencari program lain pada perangkat keras tersebut yang dapat mengendalikan PC (Sistem Operasi). Proses ini dikenal dengan istilah booting atau booting up.

5.
Sound Card
Adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan juga untu merekam suara. Awalnya sound card ini hanyalah sebagai pelengkap pada sebuah PC namun saat ini sound card boleh dikatakan adalah merupakan perangkat wajib pada sebuah PC. Ada beberapa tipe soundcard :
a. Sound card yang onboard artinya sound card yang menempel langsung pada motherboard
b. Sound card offboard artinya sound card yang pemasangannya dilakukan pada slot ISA/ PCI yang ada pada motherboard
c. Sound card external yakni sound card yang penggunaannya disambungkan ke PC dengan jalan menghubungkan melalui port eksternal seperti USB.

6.
VGA (Video Grafhics Adapter)
Adalah merupakan perangkat keras pada PC yang dapat mendisplay gambar melalui konektor. Perangkat ini terhubung ke motherboard melalui PCI, AGP, serta PCI express.

7.
Hardisk
Adalah merupakan perangkat keras komputer yang digunakan sebagai media penyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Alat ini dibuat pertama kali oleh Reynold Jhonson pada tahun 1952. Dalam perkembangannya hardisk ini mengalami perkembangan yang pesat dimana saat ini bentuk fisiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar. Saat ini pula kita tidak hanya menjumpai hardisk sebagai perangkat internal dari sebuah PC tetapi juga dapat dipasang diluar perangkat dengan penggunaan kabel USB.

8.
PCI (Periferal Component Interconnect)
Adalah merupakan bus khusus pada komputer yang berguna sebagai tempat menancapkan perangkat periferal ke motherboard.
PCI express pada sistem unit komputer adalah merupakan penyederhanaan dari PCI sebagai slot untuk kartu tambahan. PCI express di desaign dengan tujuan untuk menggantikan fungsi dari bus PCI.

http://2.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIudWX17wyI/AAAAAAAAAGU/sW6VjZris1A/s320/motherboard.jpeg
Motherboard

http://2.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIudvwNFDpI/AAAAAAAAAGc/qrJsMomK7Z4/s320/RAM.jpeg
Memori

http://1.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIueXfDeJDI/AAAAAAAAAGk/MTRgc7V_w78/s320/processor.jpeg
Processor

http://1.bp.blogspot.com/_HqOamxmPTqs/TIue4Ji_X_I/AAAAAAAAAGs/LnlIZoOp1HI/s320/hardisk.jpeg
Hardisk


Perangkat lunak yang di gunakan dalan sister informasi
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem InformasiThis is a featured page
A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
  1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
  2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
A.1 Menghidupkan Komputer

Untuk menghidupkan komputer, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
  • Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
  • Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menjalankan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer. Jika pada komputer telah terpasang sistem operasi seperti Microsoft Window atau Linux maka selanjutnya komputer akan menjalankan prosedur untuk membuka sistem operasi yang terpasang pada komputer tersebut.
  • Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem. Jika komputer yang kamu gunakan berada dalam suatu jaringan dan mengharuskan kamu melakukan Log in, gunakan username dan password yang telah diberikan.

A.2 Mematikan Komputer
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Setelah kamu selesai menggunakan komputer, sebaiknya tidak langsung mematikan tombol Power langsung, karena akan menyebabkan kerusakan dalam komputer. Cara mematikan komputer berbeda-beda tergantung dari Sistem Operasi yang digunakan. JIka Sistem Operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
  1. Pilih Tombol Start pada taskbar
  2. Tekan Tombol Turr Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
  • Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power. Keadaan seperti ini membuat komputer dalam keadaan tidur atau komputer sebenarnya tidak mati. Dengan pilihan komputer akan mengkonsumsi tenaga listrik yang rendah.
  • Turn Off, PIlihan digunakan untuk mematikan komputer. Dengan pilihan ini perubahan konfigurasi (setting) Windows XP akan tersimpan terlebih dahuu.
  • Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi. Sebelum memulai kembali, perubahan konfigurasi (setting) Windows XP yang telah dilakukan akan disimpan terlebih dahulu.
  • Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk. Jika kamu menghidupkan kembali secara otomatis.

B. Macam-Macam Perangkat Lunak

Secara umum, software digunakan untuk mempermudah pengorganisasian kinerja Hardware . Dengan adanya software akan mengurangi interaksi manusia pada Hardware yang bermacam-macam.

Kita dapat mengelompokkan software berdasarkan fungsi atau dukungannya terhadap hardware. Dukungan pada hardware dapat digambarkan dalam diagram dibawah ini:
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur

Dari gambar terlihat dibawah hardware langsung terdapat software sistem operasi. Software sistem Operasi ini yang melakukan hubungan dengan hardware secara langsung. Hardware yang beroperasi tanpa sistem operasi akan mempunya operasi yang terbatas dan tidak dapat di gunakan untuk menjalasnkan software aplikasi.

Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
  1. Sistem Operasi
  2. Program Aplikasi
  3. Bahasa Pemrograman
  4. Program Bantu
  5. Program Paket
  6. Program Permainan
  7. Program Multimedia

1. SISTEM OPERASI
Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :

Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
  • Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
  • Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
  • Produk Apple : Macintosh
  • Produk IBM : DOS, UNIX

2. Program Aplikasi

Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.










3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
  • Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
  • Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
  • High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal, Borland , Fotran
  • 4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FOxPro

4. Program Bantu ( Utility )
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.

5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

7. Program Multimedia

Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
contoh Program multimedia yaitu :
Operasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta TimurOperasi Dasar Komputer dan Perangkat lunak dalam Sistem Informasi - TIK SMAN 12 Jakarta Timur
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet



 

MENERAPKAN ATURAN YANG BERKAITAN DENGAN ETIKA DAN MORAL TERHADAP PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

MENERAPKAN ATURAN YANG BERKAITAN DENGAN ETIKA DAN MORAL TERHADAP PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari yang berhubungan dengan tugasdan pekerjaan maka dipandang perlu memiliki sikap dan moral yang baik.Etika adalah ajaran tentang baik dan buruknya sesuatu ,sedangkan moral adalah aspek kejiwaan yang sangat erat berhubungan dengan sikap dan perilaku seseorang .Etika dan moral sangat erat berkaitan .Artinya,orang yang memahami dan berperilaku sesuai dengan etika,berarti orang itu bermoral tinggi,atau begitu pula sebaliknya.

Misalnya,orang yang bermoral dan beretika tinggi akan selalu menghargai hak cipta orang lain.Artinya dia tidak akan berbuat sesuatu yang dapat merugikan ,baik secara langsung maupun tidak langsung ,terhadap hak cipta orang lain.etika dan moral juga di terapkan dalam pemakaian sistem informasi dan komunikasi .Dalam dunia informatika dan komunikasi khususnya computer,setiap perangkat lunak mempunyai ijin pemakaian.ijin tersebut diperoleh dari pembuat perangkat lunak itu sendiri.namun jika kita ingin menggunakan perangkat lunak tersebut ,kita tidak harus datang ke pembuatnya ,melainkan cukup dengan membeli CD program asli yang di jual di pasaran karena didalamnya sudah terdapat lisensi pemakaian.
1.Hak cipta Perangkat lunak
Hak cipta adalah hak ekslusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak hasil ciptaanya atau memberikan ijin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. Perangkat lunak (Komputer) adalah sekumpulan intruksi yamg diwujudkan dalam bentuk bahasa, kode, skema ataupun bentuk lain, yang apabila digabungkan dengan media yang dapat dibaca dengan computer bekerja untuk melakukan fungsi-fungsi khusus atau untuk mencapai hasil yang khusus, termasuk persiapan dalam merancang intruksi-intruksi tersebut.
Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi khususnya computer sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mempercepat dan mempermudah penyelesaian tugas (pekerjaan) sehari-hari. Computer tidak akan dapat dioperasikan bila tidak ada perangkat lunaknya. Menciptakan perangkat lunak bukanlah pekerjaan yang mudah dan ringan, sehingga hanya orang-orang dengan kualifikasi tertentu yang mampu mebuatnya. Oleh karena tingkat kesulitan yang tinggi dalam pembuatan program computer maka program tersebut selanjutnya dipatenkan.
Beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan –perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut :
-Microsoft Corp.Mengeluarkan produk software sistem operasi Microsoft windows,MS DOS,software aplikasi Microsoft Office ,dan lain-lain.
-Adobe Corp. mengeluarkan software aplikasi adobe photoshop,adobe Pagemaker ,Adobe image ready dan software utility adobe Acrobat Reader ,dan lain-lain.
-Corel Corp.mengeluarkan software aplikasi CorelDraw ,WordPerfect,dan lain-lain.
-Winzip Computing Corp.mengeluarkan program utility Winzip,dan lain-lain.
-Xing Technology Corp.mengeluarkan program multimedia XingMPEG Player,dan lain-lain.
-Norton Corp.mengeluarkan produk antivirus Norton,dan lain-lain.
2.Menghargai kreasi orang lain
Dengan tingginya tingkat kesulitan dalam membuat karya intelektual. Kita harus memberikan pe4nghargaan kepada penciptanya. Penghargaaan kepada kepada karya orang lainkhususnya pembuat perangkat lunak computer dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:
a.Menggunakan perangkat lunak asli, kalaupun tidak, kita harus membeli lisensi kepada perusahaan yang bersangkutan
b.Tidak membajak, menyalin, atau menggandakan tanpa izin perusahaan.
c.Tidak mengguinakan perangkat lunak untuk kejahatan.
d.Menyalahgunakan dalam bentuk apapun
e.Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah nasil karya orang lain.


UNDANG-UNDANG HAK CIPTA

Dalam melindungi karya yang telah diciptakan oleh seseorang dari berbagai ancaman pelanggaran yang berupa pemalsuan, penggandaan, panyiaran, pemameran, pengedaran atau penjualan hasil hak cipta maka pemerintah Republik Indonesia pernah meliliki undang-undang No 6 tahun 1982 tentang hak cipta sebagaimana diubah dengan Undang-undang No 7 tahun 1987 dan terakhir diubah dengan Undang-undang No 12 Tahun 1997 yang selanjutnya disebut Undang-undang Hak Cipta.


1.Sanksi pelanggaran Undang-undang Hak cipta pasal 72

Peraturan Undang-undang Hak cipta yang terbaru terdiri atas 15 bab dab 78 pasal. Berikut ini adalah kutipa tentang ketenyuan pidana dalam hal pelanggaran hak cipta yang telah diatur dan ditetapkan berdasarkan Undang-undang No 19 tahun 2002.
Pasal 72
(2) barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamekan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran hak cipta atau hak terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana paling lama 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).
(3) barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial atau suatu program computer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah)
Dalam pasal 2 ayat (2) dinyatakan bahwa pencipta atau pemegang hak cipta atas karya sinimatografi dan program koputer meiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.

2.Masa berlakunya Hak cipta

Pasal 30 Undang-undang No 19 thn 2002 menyatakan bahwa masa berlakunya Hak cipta atas ciptaan program computer dan database adalh 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan. Seiring dengan hal tersebut, pasal 31 ayat (2) juga menyatakan bahwa Hak cipta atas Ciptaan yang dilaksanakan oleh penerbit berdasarkan pasal 11 ayat (2) berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak ciptaan tersebut pertama kali diterbitkan

Menerapkan prinsip prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak teknologi informasi dan komunikasi
A. Menerapkan Turan Etika dan Moral dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangakat Lunak TIK
Seseorang atau perusahaan yang membuat produk baru dapat ,medaftarkan hasil ciptaan produknya ke instansi pemerintah yang berwenang atau badan hak paten dunia.
apabila seseorang atau perusahaan igin memakai produk tersebut, maka harus membeli ke pemilik hak paten.beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan besar pembuat perangkat lunak antara lain sebagai berikut.
1. Microsoft Corp
2. Adobe Corp
3. Corel Corp
4. Winzip Computing Corp
5. Xing Technology Corp
6. Norton Corp
Menghasilkan ide atau gagasan hingga mewujudkannya menjadi suatu produk, tentulah tidak mudah.oleh karena itu merupakan kewajiban bagi kita untuk menghargai hasil karya orang lain, dengan cara :
1. Tidak membajak, menyalin,. atau menggandakan tanpa seizin pemilik hak paten.
2. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain.
3. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
4. Menggunakan perangkat lunak yang asli.
B. Menerapkan Prinsip-prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak TIK
1. Bagian-bagian Peralatan Komputer yang Berbahaya bagi Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Beberapa hal yang membahayakan kasehatan dan keselamatan pengguna komputer adalah
a. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubungan pendek pada rangkaian listriknya.
b. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU, tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan CPU rusak.
c. Gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan listrik pada casing atau monitor, sehingga pengguna komputer tidak terkena strum.
d. Atur jarak antara mata dengan monitor sesuai dengan aturan bila perlu gunakan screen filter.
e. Jangan menggunakan monitor dengan memnukul.
2. Posisi Duduk dan Jarak Pandang dengan Monitor yang Benar
Berikut ini hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menggunakan komputer.
a. Gunakan kursi yang nyaman, dianjurkan menggunakan kursi yang dapat digerakkan ke depan dan belakang.
b. Upayakan posisi monitor 2-3" (5-8 cm) di atas pandangan.
c. Hindari sinar yang menyilaukan, jika perlu gunakan screen filter.
d. Atur jarak badan dengan monitor sekitar satu lengan.
e. Upayakan kaki berpijak pada lantai dengan nyaman.
f. Gunakan penyangga dokumen saat mengetik naskah yang diiletakkan sejajar dengan layar monitor.
g. Tempatkan keyboard dan mouse pada tempat yang mudah dijangkau.
h. Upayakan lengan dan siku dalam keadaan rileksdi samping badan.
i. Letakkan monitor dan keyboard lurus dengan pandangan.
j. Gunakan meja keyboard yang bisa diubah kemiringannya.
k. Gunakan meja komputer dan meja keyboard yang stabil.
l. Cukupkan frekuensi istirahat sejenak untuk melepas lelah.
Undang undang hak cipta

Undang-Undang Hak Cipta Bidang TIK Republik Indonesia

Posted on by Hafez
Saya tergelitik untuk mencari tau soal Undang-Undang Hak Cipta di Indonesia setelah beberapa “saudagar” mencela saya sebab tidak mampu membeli yang asli dan lebih memilih barang bajakan. Saya sangat berterimakasih pada para saudagar tersebut karena dari merekalah inspirasi tulisan ini muncul yang makin menguatkan pijakan saya yang awwam hukum ini bahwa saya tidak berbuat salah menurut hukum Republik Indonesia. Inilah Undang-Undang Hak Cipta Bidang Informasi Teknologi.
Bagian Pertama
Fungsi dan Sifat Hak Cipta
Pasal 2
(1) Hak Cipta merupakan hak eksklusif bagi Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya, yang timbul secara otomatis setelah suatu ciptaan dilahirkan tanpa mengurangi pembatasan menurut peraturan perundang¬undangan yang berlaku.
(2) Pencipta dan/atau Pemegang Hak Cipta atas karya sinematografi dan Program Komputer memiliki hak untuk memberikan izin atau melarang orang lain yang tanpa persetujuannya menyewakan Ciptaan tersebut untuk kepentingan yang bersifat komersial.
Bagian Keempat
Ciptaan yang Dilindungi

Pasal 12
(1) Dalam Undang-undang ini Ciptaan yang dilindungi adalah Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra, yang mencakup:
a. buku, Program Komputer, pamflet, perwajahan (lay out) karya tulis yang diterbitkan, dan semua hasil karya tulis lain;
b. ceramah, kuliah, pidato, dan Ciptaan lain yang sejenis dengan itu;
c. alat peraga yang dibuat untuk kepentingan pendidikan dan ilmu pengetahuan; d. lagu atau musik dengan atau tanpa teks;
e. drama atau drama musikal, tari, koreografi, pewayangan, dan pantomim;
f. seni rupa dalam segala bentuk seperti seni lukis, gambar, seni ukir, seni kaligrafi, seni pahat, seni patung, kolase, dan seni terapan;
g. arsitektur;
h peta
i. seni batik;
j. photografi
k. sinematografi
l. terjemahan, tafsir, saduran, bunga rampai, database, dan karya lain dari hasil pengaliwujudan.

Bagian Kelima
Pembatasan Hak Cipta

Pasal 14
Tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:
a. Pengumuman dan/atau Perbanyakan lambang Negara dan lagu kebangsaan menurut sifatnya yang asli;
b. Pengumuman dan/atau Perbanyakan segala sesuatu yang diumumkan dan/atau diperbanyak oleh atau atas nama Pemerintah, kecuali apabila Hak Cipta itu dinyatakan dilindungi, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan pernyataan pada Ciptaan itu sendiri atau ketika Ciptaan itu diumumkan dan/atau diperbanyak; atau
c. Pengambilan berita aktual baik seluruhnya maupun sebagian dari kantor berita, Lembaga Penyiaran, dan surat kabar atau sumber sejenis lain, dengan ketentuan sumbernya harus disebutkan secara lengkap.

Pasal 15
Dengan syarat bahwa sumbernya harus disebutkan atau dicantumkan, tidak dianggap sebagai pelanggaran Hak Cipta:
a. penggunaan Ciptaan pihak lain untuk kepentingan pendidikan, penelitian, penulisan karya ilmiah, penyusunan laporan, penulisan kritik atau tinjauan suatu masalah dengan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta;
b. pengambilan Ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan pembelaan di dalam atau di luar Pengadilan;
c. pengambilan Ciptaan pihak lain, baik seluruhnya maupun sebagian, guna keperluan:
(i) ceramah yang semata-mata untuk tujuan pendidikan dan ilmu pengetahuan; atau
(ii) pertunjukan atau pementasan yang tidak dipungut bayaran dengan ketentuan tidak merugikan kepentingan yang wajar dari Pencipta.
d. Perbanyakan suatu Ciptaan bidang ilmu pengetahuan, seni, dan sastra dalam huruf braille guna keperluan para tunanetra, kecuali jika Perbanyakan itu bersifat komersial;
e. Perbanyakan suatu Ciptaan selain Program Komputer, secara terbatas dengan cara atau alat apa pun atau proses yang serupa oleh perpustakaan umum, lembaga ilmu pengetahuan atau pendidikan, dan pusat dokumentasi yang nonkomersial semata-mata untuk keperluan aktivitasnya;
f. perubahan yang dilakukan berdasarkan pertimbangan pelaksanaan teknis atas karya arsitektur, seperti Ciptaan bangunan;
g. pembuatan salinan cadangan suatu Program Komputer oleh pemilik Program Komputer yang dilakukan semata-mata untuk digunakan sendiri.

Pasal 16
(1) Untuk kepentingan pendidikan, ilmu pengetahuan, serta kegiatan penelitian dan pengembangan, terhadap Ciptaan dalam bidang ilmu pengetahuan dan sastra, Menteri setelah mendengar pertimbangan Dewan Hak Cipta dapat:
a. mewajibkan Pemegang Hak Cipta untuk melaksanakan sendiri penerjemahan dan/atau Perbanyakan Ciptaan tersebut di wilayah Negara Republik Indonesia dalam waktu yang ditentukan;
b. mewajibkan Pemegang Hak Cipta yang bersangkutan untuk memberikan izin kepada pihak lain untuk menerjemahkan dan/atau memperbanyak Ciptaan tersebut di wilayah Negara Republik Indonesia dalam waktu yang ditentukan dalam hal Pemegang Hak Cipta yang bersangkutan tidak melaksanakan sendiri atau melaksanakan sendiri kewajiban sebagaimana dimaksud dalam huruf a;
c. menunjuk pihak lain untuk melakukan penerjemahan dan/atau Perbanyakan Ciptaan tersebut dalam hal Pemegang Hak Cipta tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam huruf b.

(2) Kewajiban untuk menerjemahkan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan setelah lewat jangka waktu 3 (tiga) tahun sejak diterbitkannya Ciptaan di bidang ilmu pengetahuan dan sastra selama karya tersebut belum pernah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.
(3) Kewajiban untuk memperbanyak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan setelah lewat jangka waktu:
a. 3 (tiga) tahun sejak diterbitkannya buku di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam dan buku itu belum pernah diperbanyak di wilayah Negara Republik Indonesia
b. 5 (lima) tahun sejak diterbitkannya buku di bidang ilmu sosial dan buku itu belum pernah diperbanyak di wilayah Negara Republik Indonesia;
c. 7 (tujuh) tahun sejak diumumkannya buku di bidang seni dan sastra dan buku itu belum pernah diperbanyak di wilayah Negara Republik Indonesia

(4) Penerjemahan atau Perbanyakan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat digunakan untuk pemakaian di dalam wilayah Negara Republik Indonesia dan tidak untuk diekspor ke wilayah Negara lain.
(5) Pelaksanaan ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dan huruf c disertai pemberian imbalan yang besarnya ditetapkan dengan Keputusan Presiden.
(6) Ketentuan tentang tata cara pengajuan Permohonan untuk menerjemahkan dan/atau memperbanyak sebagaimana dimaksud pada ayat (1), ayat (2), ayat (3), dan ayat (4) diatur lebih lanjut dengan Keputusan Presiden.
Bagian Kedelapan
Sarana Kontrol Teknologi

Pasal 27
Kecuali atas izin Pencipta, sarana kontrol teknologi sebagai pengaman hak Pencipta tidak diperbolehkan dirusak, ditiadakan, atau dibuat tidak berfungsi
.
Pasal 28

(1) Ciptaan-ciptaan yang menggunakan sarana produksi berteknologi tinggi, khususnya di bidang cakram optik (optical disc), wajib memenuhi semua peraturan perizinan dan persyaratan produksi yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang.
(2) Ketentuan lebih lanjut mengenai sarana produksi berteknologi tinggi yang memproduksi cakram optik sebagaimana diatur pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Pemerintah
BAB III
MASA BERLAKU HAK CIPTA
Pasal 29

(1) Hak Cipta atas Ciptaan:
a. buku, pamflet, dan semua hasil karya tulis lain;
b. drama atau drama musikal, tari, koreografi;
c. segala bentuk seni rupa, seperti seni lukis, seni pahat, dan seni patung;
d. seni batik;
e. lagu atau musik dengan atau tanpa teks; f. arsitektur;
g. ceramah, kuliah, pidato dan Ciptaan sejenis lain;
h. alat peraga;
i. peta;
j. terjemahan, tafsir, saduran, dan bunga rampai berlaku selama hidup Pencipta dan terus berlangsung hingga50 (lima puluh) tahun setelah Pencipta meninggal dunia.

(2) Untuk Ciptaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang dimiliki oleh 2 (dua) orang atau lebih, Hak Cipta berlaku selama hidup Pencipta yang meninggal dunia paling akhir dan berlangsung hingga 50 (lima puluh) tahun sesudahnya.
Pasal 30
(1) Hak Cipta atas Ciptaan:
a. Program Komputer;
b. sinematografi;
c. fotografi;
d. database; dan
e. karya hasil pengalihwujudan, berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan

(2) Hak Cipta atas perwajahan karya tulis yang diterbitkan berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diterbitkan.
(3) Hak Cipta atas Ciptaan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) pasal ini serta Pasal 29 ayat (1) yang dimiliki atau dipegang oleh suatu badan hukum berlaku selama 50 (lima puluh) tahun sejak pertama kali diumumkan.
BAB V LISENSI
Pasal 45
(1) Pemegang Hak Cipta berhak memberikan Lisensi kepada pihak lain berdasarkan surat perjanjian lisensi untuk melaksanakan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.
(2) Kecuali diperjanjikan lain, lingkup Lisensi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi semua perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 berlangsung selama jangka waktu Lisensi diberikan dan berlaku untuk seluruh wilayah Negara Republik Indonesia.
(3) Kecuali diperjanjikan lain, pelaksanaan perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (2) disertai dengan kewajiban pemberian royalti kepada Pemegang Hak Cipta oleh penerima Lisensi.
(4) Jumlah royalti yang wajib dibayarkan kepada Pemegang Hak Cipta oleh penerima Lisensi adalah berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak dengan berpedoman kepada kesepakatan organisasi profesi.
Pasal 46
Kecuali diperjanjikan lain, Pemegang Hak Cipta tetap boleh melaksanakan sendiri atau memberikan Lisensi kepada pihak ketiga untuk melaksanakan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2.
Pasal 47
(1) Perjanjian Lisensi dilarang memuat ketentuan yang dapat menimbulkan akibat yang merugikan perekonomian Indonesia atau memuat ketentuan yang mengakibatkan persaingan usaha tidak sehat sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.
(2) Agar dapat mempunyai akibat hukum terhadap pihak ketiga, perjanjian Lisensi wajib dicatatkan di Direktorat Jenderal.
(3) Direktorat Jenderal wajib menolak pencatatan perjanjian Lisensi yang memuat ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1).
(4) Ketentuan lebih lanjut mengenai pencatatan perjanjian Lisensi diatur dengan Keputusan Presiden.
BAB XIII
Ketentuan Pidana

Pasal 72

(1) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp 1.000.000,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5.000.000.000,00 (lima miliar rupiah).
(2) Barangsiapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu Ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak Terkait sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
(3) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu Program Komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah).
(4) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 17 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).
(5) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 19, Pasal 20, atau Pasal 49 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(6) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 24 atau Pasal 55 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(7) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 25 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(8) Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak melanggar Pasal 27 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah).
(9) Barangsiapa dengan sengaja melanggar Pasal 28 dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.500.000.000,00 (satu miliar lima ratus juta rupiah).


Melakukan operasi dasar computer menggunakan outputsistem.

BIOS

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.
Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

Daftar isi

[sunting] Komponen BIOS

Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut:
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/9/91/BIOS-Setup.png/200px-BIOS-Setup.png
http://bits.wikimedia.org/skins-1.18/common/images/magnify-clip.png
Contoh dari CMOS Setup (Phoenix BIOS)
  • Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
  • Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
  • Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.

[sunting] ROM dan NVRAM

BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motherboard. Mengapa disimpan di dalam ROM, adalah agar BIOS dapat dieksekusi pada waktu komputer dinyalakan, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyipanan terlebih dahulu (yang memakan waktu lama). BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau Flash ROM. Oleh sebab itu, sekarang sebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS. Berikut ini adalah beberapa chip ROM yang digunakan sebagai tempat penyimpanan BIOS.
Tipe ROM
Cara penulisan
Dapat dihapus
Jenis BIOS
Tidak
ROM BIOS
PROM Writer
Tidak
ROM BIOS
EPROM/PROM Writer
Ya, dengan menggunakan EPROM Rewriter atau menyinarinya dengan sinar ultraviolet tepat pada lubang kuarsa bening.
ROM BIOS
EEPROM/EPROM/PROM Writer
Ya, dengan menggunakan EEPROM Rewriter, atau secara langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan perangkat lunak EEPROM Programmer.
ROM BIOS
EEPROM Writer atau software yang dapat menulisi Flash ROM
Ya, dengan menggunakan EEPROM Writer, atau langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan perangkat lunak Flash BIOS Programmer.
Flash BIOS
http://bits.wikimedia.org/skins-1.18/common/images/magnify-clip.png
Tampilan yang dikeluarkan oleh BIOS saat NVRAM mengalami kerusakan atau saat baterai litium CR-2032 habis dayanya atau dicabut dari slotnya
Meskipun BIOS disimpan dalam memori hanya baca, konfigurasi BIOS tidak disimpan dalam ROM, (hal ini disebabkan oleh sifat ROM yang statis) melainkan sebuah chip terpisah yang disebut sebagai Real-time clock (RTC), yang berupa sebuah Non-Volatile Random Access Memory (NVRAM). NVRAM juga sering disebut sebagai Complimentary Metal-Oxide Random Access Memory (CMOS RAM), karena menggunakan metode pembuatan CMOS. Karena menggunakan metode pembuatan CMOS, NVRAM membutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja. Meskipun disebut non-volatile, NVRAM sebenarnya merupakan sebuah chip yang volatile, sehingga data yang tersimpan di dalamnya dapat terhapus dengan mudah jika daya listrik yang menghidupinya terputus. Oleh karena itu, NVRAM "dihidupi" oleh sebuah baterai (mirip baterai kalkulator atau jam) dengan bahan Litium dengan seri CR-2032. Sebuah baterai Litium CR-2032 dapat menghidupi NVRAM selama tiga hingga lima tahun. Jika daya dalam baterai habis, atau daya yang disuplainya terputus (akibat dicabut dari slotnya), maka semua konfigurasi akan dikembalikan ke kondisi standar, sesuai ketika BIOS tersebut diprogram oleh pabrikan. BIOS umumnya memberikan laporan CMOS Checksum Error atau NVRAM Checksum Error.
=BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
  1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
  2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
  3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses
     booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
  4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut "IBMBIO.COM" (IBM PC-DOS) atau "IO.SYS" (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.
Kata BIOS juga dapat diartikan sebagai "kehidupan" dalam tulisan Yunani (Βίος).

Komponen BIOS
Dalam BIOS, terdapat beberapa komponen dasar, yakni sebagai berikut: Contoh dari CMOS Setup (Phoenix BIOS)
   * Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya
     listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang
     cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
   * Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat
     lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
   * Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.

[sunting] ROM dan NVRAM

BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motherboard. Mengapa disimpan di dalam ROM, adalah agar BIOS dapat dieksekusi pada waktu komputer dinyalakan, tanpa harus menunggu untuk menyalakan perangkat media penyipanan terlebih dahulu (yang memakan waktu lama). BIOS dalam komputer PC modern disimpan dalam chip ROM yang dapat ditulisi ulang secara elektrik atau Flash ROM. Karena itulah, sekarang sebutan Flash BIOS lebih populer dibandingkan dengan ROM BIOS. Berikut ini adalah beberapa chip ROM yang digunakan sebagai tempat penyimpanan BIOS. Tipe ROM Cara penulisan Dapat dihapus Jenis BIOS Mask ROM Photolithography Tidak ROM BIOS Programmable ROM (PROM) PROM Writer Tidak ROM BIOS Erasable PROM EPROM/PROM Writer Ya, dengan menggunakan EPROM Rewriter atau menyinarinya dengan sinar ultraviolet tepat pada lubang kuarsa bening. ROM BIOS Electricly EPROM EEPROM/EPROM/PROM Writer Ya, dengan menggunakan EEPROM Rewriter, atau secara langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan perangkat lunak EEPROM Programmer. ROM BIOS Flash ROM EEPROM Writer atau software yang dapat menulisi Flash ROM Ya, dengan menggunakan EEPROM Writer, atau langsung secara elektrik dari papan sirkuit dengan menggunakan perangkat lunak Flash BIOS Programmer. Flash BIOS Tampilan yang dikeluarkan oleh BIOS saat NVRAM mengalami kerusakan atau saat baterai litium CR-2032 habis dayanya atau dicabut dari slotnya

Meskipun BIOS disimpan dalam memori hanya baca, konfigurasi BIOS tidak disimpan dalam ROM, (hal ini disebabkan oleh sifat ROM yang statis) melainkan sebuah chip terpisah yang disebut sebagai Real-time clock (RTC), yang berupa sebuah Non-Volatile Random Access Memory (NVRAM). NVRAM juga sering disebut sebagai Complimentary Metal-Oxide Random Access Memory (CMOS RAM), karena menggunakan metode pembuatan CMOS. Karena menggunakan metode pembuatan CMOS, NVRAM membutuhkan daya yang sangat kecil agar dapat bekerja. Meskipun disebut non-volatile, NVRAM sebenarnya merupakan sebuah chip yang volatile, sehingga data yang tersimpan di dalamnya dapat terhapus dengan mudah jika daya listrik yang menghidupinya terputus. Oleh karena itu, NVRAM "dihidupi" oleh sebuah baterai (mirip baterai kalkulator atau jam) dengan bahan Litium dengan seri CR-2032. Sebuah baterai Litium CR-2032 dapat menghidupi NVRAM selama tiga hingga lima tahun. Jika daya dalam baterai habis, atau daya yang disuplainya terputus (akibat dicabut dari slotnya), maka semua konfigurasi akan dikembalikan ke kondisi standar, sesuai ketika BIOS tersebut diprogram oleh pabrikan. BIOS umumnya memberikan laporan CMOS Checksum Error atau NVRAM Checksum Error.

[sunting] Update BIOS

BIOS kadang-kadang juga disebut sebagai firmware karena merupakan sebuah perangkat lunak yang disimpan dalam media penyimpanan yang bersifat hanya-baca. Hal ini benar adanya, karena memang sebelum tahun 1995, BIOS selalu disimpan dalam media penyimpanan yang tidak dapat diubah. Seiring dengan semakin kompleksnya sebuah sistem komputer , maka BIOS pun kemudian disimpan dalam EEPROM atau Flash memory yang dapat diubah oleh pengguna, sehingga dapat di-upgrade (untuk mendukung prosesor yang baru muncul, adanya bug yang mengganggu kinerja atau alasan lainnya). Meskipun demikian, proses update BIOS yang tidak benar (akibat dieksekusi secara tidak benar atau ada hal yang mengganggu saat proses upgrade dilaksanakan) dapat mengakibatkan motherboard mati mendadak, sehingga komputer pun tidak dapat digunakan karena perangkat yang mampu melakukan proses booting (BIOS) sudah tidak ada atau mengalami kerusakan.
Oleh karena itu, untuk menghindari kerusakan (korupsi) terhadap BIOS, beberapa motherboard memiliki BIOS cadangan . Selain itu, kebanyakan BIOS juga memiliki sebuah region dalam EEPROM/Flash memory yang tidak dapat di-upgrade, yang disebut sebagai "Boot Block". Boot block selalu dieksekusi pertama kali pada saat komputer dinyalakan. Kode ini dapat melakukan verifikasi terhadap BIOS, bahwa kode BIOS keseluruhan masih berada dalam keadaan baik-baik saja (dengan menggunakan metode pengecekan kesalahan seperti checksum, CRC, hash dan lainnya) sebelum mengeksekusi BIOS. Jika boot block mendeteksi bahwa BIOS ternyata rusak, maka boot block akan meminta pengguna untuk melakukan pemrograman BIOS kembali dengan menggunakan floppy disk yang berisi program flash memory programmer dan image BIOS yang sama atau lebih baik. Pembuat motherboard sering merilis update BIOS untuk menambah kemampuan produk mereka atau menghilangkan beberapa bug yang mengganggu.


melakukan manajemen file

Kamis, Januari 15

Melakukan Manajemen File

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
SMA NEGERI 1 KOTA SUKABUMI
TAHUN AJARAN 2008-2009

MODUL TIK



Mata Pelajaran : TEKINFOKOM

Kelas : X
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan operating sistem
Kompetensi Dasar : 4.3. Melakukan Manajemen File
Indikator :
1. Menjelaskan manfaat manajemen file
2. Menjelaskan perintah perintah dalam melakukan menajemen file
3. Mendemontrasikan langkah langkah dalam membuat folder
4. Mendemontrasikan langkah dalam menyimpan file ke folder
5. Mengklasifikasikan extention file


A. Melakukan manajemen file

File yang digunakan untuk menjalankan suatu program tidaklah sedikit jumlahnya, bahkan ada yang mencapai ribuan file. Agar file-file tersebut dapat bekerja dengan maksimal dan mudah pengontrolannya, maka perlu dilakukan manajemen file, seprti pengelompokkan menu yang berkaitan dengan operasi file, operasi pengedditan, dan sebagainya.
1. setting dan utility
a. Taskbar dan start menu
Taskbar adalah mengatur tampilan menu pada start.
1. klik menu start
2. klik kanan mouse anda
3. pilih properties
4. klik taskbar, maka akan muncul kotak


http://3.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRV8Krw_2I/AAAAAAAAAB0/AqVH5Wky-nk/s320/LAt+1.jpg

Taskbar properties
http://1.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRcS0Qrc2I/AAAAAAAAAB8/abvx_Sl8BGg/s200/2.jpg


Start menu properties


1. atur tampilan taskbar dan start menu sesuai denghan keinginan anda

2. klik apply, jika ingin mengubah setiap tampilan
3. klik ok jika anda tidak ingin mengubah tampilan.
b. membuat shortcut
1. klik menu start
2. klik kanan mouse anda
3. klik properties
4. klik taskbar
5. arahkan penunjuk mouse dan klik ke customize, maka akan muncul di bawah ini

http://2.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRmhOkzs8I/AAAAAAAAACE/yvOgk6jlOks/s200/3.jpg



6. pilih program-program yang akan dibuat shortcut nya


c. utility

- recycle bin ( unerase mengembalikan file atau directory)
- find (fasilitas find adalah fasilitas yang mempermudah pencaharian suatu file, folder atau direktori)
- find ( file/ folder) – pencarian file atau folder
- find (file / folder) – date modified
- find (file/ folder) - advanced
2. menu pull-down
menu pull-down merupakan kumpulan perintah computer yang disajikan berdasarkan kelompok atau kesamaan perintah, selain itu menu pull-down juga dapat dikatakan menu yang muncul pada saat klik bagian tertentu akan mucul ke atas atau ke bawah. Yang dimaksud menu pull-down adalah file, edit, view, insert, format, tools, table, window, dan help.
Cara menggunakan menu pull-down adalah dengan menekan tombol alternate secara permanent dan diikuti dengan menekan huruf yang di garis bawahi, misalnya : Alt+ F(File), Alt+E(edit), Alt+O(format),dst…………..

http://1.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRm9CGimQI/AAAAAAAAACM/WGT6x0xR6o4/s200/4-2.jpg



Menu cascading adalah menu sekunder atau lanjutan yang muncul pada saat memilih bagian menu utama. Contoh pada saat memilih menu insert seperti (gambar menu cascading), maka akan muncul beberapa submenu tools. Setelah pointer digerakkan ke picture akan muncul menu sekunder di sebelah kanannya seperti clip art, from file, dst. Tampilan menu ini yang disebut menu cascading.


http://3.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRnSeXjBBI/AAAAAAAAACU/vUK6bJgNyeM/s200/5.jpg


Menu pop-up, menu yang dapat muncul dan dapat disembunyikan atau on-off, caranya dengan klik tombol kanan mouse cara manu ini lebih cepat daripada pull-down dan cacscading.

Perubahan dari menu pop-up bergantung pada letak dari indicator mouse di letakkan. Jika diletakan pada lembar kerja MS.Word, akan muncul seperti berikut

http://2.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRnzoSZc-I/AAAAAAAAACc/OcL8hdvRIQA/s200/6.jpg


Secara keseluruhan, menu-menu disamping digunakan dalam berbagai keadaan sesuai dengan kebutuhan. Untuk memilih klik menu pop-up dipilh paragraph maka kita dapat melkukan pemformatan paragraph mulai dari spasi jenis huruf perataan dan sbg.


3. Folder

Folder disebut juga direktori. Folder tersebut diperkenalkan dalam dunia computer sejak kehadiran windows 95. tujuannya adalah untuk mengelompokkan beberapa file terutama yang sejenis ke dalam satu tempat tersendiri.
a. membuat folder melalui desktop, cara kerjanya sebagai berikut
1. klik bagian kanan mouse, pilih new, klik folder sbb
2. ketik nama folder baru pada pesan new folder

http://2.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRrlfeK0HI/AAAAAAAAACk/cyw8UJ0ZAO4/s200/7.jpg


b. membuat folder melalui windows explorer

1. letakkan penunjuk mouse start,
2. klik bagian kanan mouse, setelah muncul tampilan
3. pilih explore
4. letakkan di drektori, mana folder baru akan dibuat
5. pilih menu file, pilih new folder seperti berikut.
6. beri nama folder sesuai dengan yang anda inginkan

http://2.bp.blogspot.com/_YYaco3kT0EU/SYRsCpzNifI/AAAAAAAAACs/PAV5W6R2_pY/s200/8.jpg


4. Drag and drop

Fasilitas drag and drop dapat digunakan untuk membuat duplikat suatu objek atau memindahkan objek tertentu ke tenpat lain. Dalam pemakaina fasilitas drag and drop harus menggunakan mouse pada system computer. Contoh penggunaanya sama dengan mengopy data.

5. File

file merupakan nama kumpulan sejumlah data teks, program, lembar kerja, grafik, dsbg. Dalam menulioskan nama file, hal yang perlu diperhatikan adalah tidak diperbolehkan membuat nama file yang sama persis di dalam satu folder. Di dalam proses aplikasi file dapat di katergorikan menjadi beberapa bagian yaitu sbb.
a. File induk (masterfile). File ini merupakan file yang penting karena berisi record-record yang sangat diperlukan dalam organisasi
b. File transaksi ( transaction fiel). Fili ini digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi.
c. File laporan ( report file). File ini berisi informasi yang akan ditampilkan.
d. File sejarah (history file0. file ini disebut juga file arsit( archival file), yakni file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsit.
e. File pelindung (back up file). File ini merupakan salinan dari file- file yang masih aktif di dalam data base. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan file-file data base

6. Mengganti nama file

File-file yang telah ada di dalam media penyimpana dapat dilakukan penggantian nama atau bisa disebut rename. Hal teresebut dilakukan bila kita ingin mengganti nama file yang salah atau akan melakukan pengopian file dengan nama file yang sama. Jika melakukan pengopian file dengan nama file yang sama, maka file yang ada akan terhapus ininya dan berarti dengan data dari file yang baru, untuk itu sebelum melakukan pengopian data dari file dengan nama yang sama dibuthkan penggantian nama file terelebih dahulu.
Misalkan nama file yangv lama bab 1, kemudian kita akan mengopy data baru dengan nama bab 1 juga, maka file lama kita rename dulu, langkah-langkahnya adalah sbb.
a. arahkan penunjuk mouse pada nama file yang akan diganti.
b. Drag atau blok nama file yang akan diganti
c. kemudian klik kanan mouse
d. piloih rename
e. ganti nama file yang adac dengan nama file sesuai yang anda inginkan
f. tekan enter

7. format disket

memformat adalah membuat jalur rekaman baru pada disket sehingga membentuk track-track dan sector-sektor sebagai tempat merekam data yang disertai dengan penelitian keadaan baik tidaknya jalur tsb
Memformat disket dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu DOS prompt dan window explorer .
a. melalui MS-DOS prompt
misalnya, anada hendak memformat disket di drive A denagn memasukkan label Disk data, maka crania adalah sbb
1. computer dalam tampilan C:\>WINDOWS>
2. Ketikan FORMAT A:/V:DISK DATA
3. selanjutnya akan ditampilkan pesan sbb
a. insert new disk for drive A:
b. and strike ENTER when ready
4. computer melakukan proses hingga muncul tampilan sbb
a. checking eekisting disk format
b. verifying 1.44M



c. format complete

1.457.664. bytes total disk space
1.457.664 bytes available on disk
512 bytes in eachallocation unite
2.829 alllocation unites available on disk
d. volume serial number is 1 E 3A- OEOD
e. format another( Y/N)_

5. pilih Y dan ikuti petunjuk di layar bila ingin memformat lagi, jika tidak pilih N selanjuutnya akan ditampilkan DOS prompt lagi.


Untuk menggunakan kotak dialog format, ikuti langkah berikut ini

1. pada kotak daftar pilihan capacity pilih dan klik kapasitas disket yang akan anda format/
2. pada kotak format type pillih dan klik tombol pilihan brkut ini
a. quick ( erase), bila anda ingin memformat disket dgn cara quick format
b. full, , bila anda ingin memformat disket dgn cra full format
c. copy system files only , bila anda ingin memberi system pada disket, agar disket tersebut dpt anda gunakan untuk memboot computer .
3. pada kotak isian lable, ketikan label yang anda inginkan
4. klik tombol perintah star



Melakukan setting peripheral

Jumat, 04 Juni 2010

KELAS X BAB 7 Melakukan Setting Periferal

A. Melakukan Setting Printer

Microsoft Windows mepunyai fasilitas pulg and play, yaitu fasilitas yang dapat langsung mengenali perangkat keras yang baru dipasang sekaligus menyediakan driver yang mendukung.


Untuk meng-install printe baru , dengan langkah - langkah:

1. Klik menu Start > Control Panel > Printers and Faxes
2. Double click pada Printers and Faxes untuk membuka jendela Printers and Faxes
3. Pilih menu File pada baris menu kemudian klik perintah Add Printer
4. Pilih Add Printer pada menu Control Panel jika sudah diatur
5. Akan tampil, kotak dialog Add Printer Wizard > Next untuk proses instalasi
6. Tentukan lokasi printer. Apabila printer terhubung langsung dengan komputer pilih Local printer attached to this computer. Jika tidak pilih pilihan kedua > Next
7. Pilih port yang akan digunakan > Next
8. Pilih jenis driver dari printer yang akan digunakan. Jika tidak terdapat didaftar, tekan tombol Have Disk untuk meng-install melalui disket atau CD > Next
9. Komputer akan menampilkan kotak dialog berisi nama printer. Isi nama printer pada kotak kosong yang tersedia > Next
10. Tentukan apakah printer akan digunakan dengan cara berbagi dengan pengguna lain atau tidak > next
11. Akan tampil spesifikasi printer yang akan di - install > Finish
12. Proses penyalinan dan pemngambilan driver dari printer akan berjalan, di mana kamu dapat melihat prosesnya
13. Jika proses instalasi printer sudah selesai akan ditampilkan sebuah ikon baru pada jendela Printers and Faxes yang menunjukkan printer telah ter-install.

Cara lain dapat dilakukan, melalui langkah - langkah berikut.

1. Buka Control Panel > Printers and Faxes yang akan menampilkan ikon - ikon printer yang terdapat pada komputer.
2. Klik kanan ikon printer yang akan diubah settingnya
3. Komputer akan menampilkan menu dengan beberapa perintah

- Set as Default Printer, apabila akan membuat printer sebagai printer utama

- Printer Preferences, untuk menampilkan jendelea setting printer, seperti pengaturan ukuran kertas
- Pause Printing, untuk menghentikan aktivitas printer
- Properties, untuk menampilkan jendela Properties dari printer. Mengatur port, sharing, warna, pengujian printer dan sebagainya.

B. Melakukan Setting Display


Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur tampilan layar/desktop pada computer/laptop kita :

1. klik kanan pada mouse
2. lalu tekan menu Properties.
3. kemudian akan muncul beberapa tampilan menu pada Display Properties yaitu themes , desktop ,screen saver , appearance , dan settings .

* Themes

Themes adalah gambar latar belakang pada layar computer . yang di dalam nya itu meliputi ikon,sound,tampilan ,screensaver,lain-lainnya lagi. Kita dapat memili tampilan layar sesuai dengan keinginan kita.
Untuk mengatur themes pada laptop/komputer anda .

1. Pilih menu themes , lalu pilih themes yang anda inginkan .

misalnya seperti gambar pada contoh di bawah ini :
2. Setelah selesai mengatur themes yang anda inginkan . klik apply untuk melihat sementara tampilan themes yang sudah anda atur sebelumnya.

* Desktop

Desktop adalah gambar latar belakang pada computer kita. Kita dapat mengganti nya sesuai dengan keinginan kita.
Kemudian untuk mengatur background pada laptop/computer anda .

1. Pilih menu desktop yang tedapat pada tampilan display Properties . lalu pilih salah satu background yang anda inginkan .

Misanlya seperti pada contoh gambar di bawah ini :
2. Setelah selesai mengatur desktop/background yang ada inginkan . klik apply untuk melihat tampilan sementara desktop/background yang anda sudah atur sebelumnya.

* Screen saver

Screen saver adalah salah satu fasilitas pada saat layar monitor kita sedang kosong dengan berisi gambar yang bergerak dalam jangka waktu .
kemudian untuk mengatur screen saver pada laptop/computer anda.

1. Pilih menu screen saver yang terdapat pada tampilan Display Properties . lalu pilih salah satu screen saver yang anda inginkan .

Misalnya seperti pada contoh gambar di bawah ini :
2.setelah selesai mengatur sreen saver yang anda inginkan . klik apply untuk melihat tampilan sementara screen saver yang anda sudah anda sebelumnya.

* Appereance

Appereance adalah tampilan warna untuk mengubah warna desktop dan baris menu ,serta ukuran huruf menu dan ikon pada computer anda.
kemudian untuk mengatur appearance pada laptop/computer anda .

1. pilih menu appearance yang terdapat pada tampilan Display properties.

2.lalu tekan windows and buttons, lalu pilih salah satunya..
3.untuk mengatur color scheme . tekan color scheme lalu pilih salah satu color/warna yang anda inginkan .
4.Untuk mengatur font size . tekan font size lalu pilih salah satu font size yang anda iningkan .
5.setelah selesai anda mengatur semua Apperance klik apply untuk melihat sementara tampilan yang anda inginkan.

* Settings

Settings adalah fasilitas untuk mengatur refolusi monitor serta kualitas warna pada computer kita.

Setelah semua menu Display Properties selesai anda atur . klik OK . agar tampilan pada kompiter/laptop anda akan berubah menjadi yang anda inginkan



C. Melakukan Regional Setting


Regional setting sangat berguna dan menentukan aturan penulisan formula (syntax) dalam excel, misalnya jika anda menggunakan regional setting English (US) tanda koma maka pada regional setting Indonesia akan menjadi ;, dan lain-lain.


Untuk memudahkan formula yang saya gunakan dalam bahasan tutorial selanjutnya, akan menggunakan regional setting English(US).


Jika komputer anda menggunakan regional setting Indonesia, untuk sementara silahkan ubah regional setting tersebut. prosedur untuk mengubah regional setting tersebut adalah:


1. Pada start menu, plih setting > Control Panel


2. Pada kotak dialog Control Panel, Klik icon Regional Setting



3. Pada tab Regional Option, pilih English (United States)


Klik Apply, kemudian OK
Perangkat lunak pengolah kata
 
8
4. Cara lain adalah melalui Windows Explorer, lalu kita cari lokasinyaseperti pada langkah no. 3.
Gambar 4. Akses MS Word dari Windows Explorer
5. Sedangkan yang terakhir adalah melalui fasilitas pencarian yangdimiliki oleh Windows.Langkah langkahnya adalah klik start > Search > All files andfolders. Pada form isian kita bisa menuliskan nama file yang inginkita cari, misalnya winword. Setelah ditemukan tinggak klik makafile tersebut akan dieksekusi.
Gambar 5. Akses MS Word dari Start > Search > All Files and Foldershttp://htmlimg1.scribdassets.com/7iynen5hq82hdmb/images/14-01976d53e4.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/7iynen5hq82hdmb/images/14-01976d53e4.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/7iynen5hq82hdmb/images/14-01976d53e4.jpg
 
9
Setelah tereksekusi maka aplikasi MS Word akan dijalankan danmenampilkan lingkungan kerja sebagai berikut:
Gambar 6. Lingkungan kerja MS Word 2000
Sedangkan tampilan pada lingkungan kerja Open Office.org Writeradalah sebagai berikut:

Gambar 7. Lingkungan kerja OpenOffice.org Writer di platform Linux
http://htmlimg1.scribdassets.com/7iynen5hq82hdmb/images/15-e1a96e4116.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/7iynen5hq82hdmb/images/15-e1a96e4116.jpg
 
10
2.4. Rangkuman Kegiatan Belajar 1 :
Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata)adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yangmemiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding denganprogram teks yang sudah ada. Perangkat Lunak pengolah kata yangpaling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, hampir disemuainstansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan menggunakannya.
2.5. Tugas
Untuk menambah wawasan tentang pembahasan materi diatas, siswawajib membaca baca buku atau sumber-sumber lain kemudian dibuatrangkuman.
2.6. Tes Formatif :2.6.1. Tes Toeri
1. Salah satu cara untuk mengakses MS Word melalui startyaitu :a. Start > Program > MS Wordb. Program > Start > MS Wordc. Start > Program > Opend. Open > Start > Program2. Membuka MS Word secara cepat dapat dilakukan dengancara :a. shortcutb. startc. browsed. window explorer3. Fasilitas scrollbar pada MS Word berfungsi untuk :a. menggulung layar dokumen ke atas, bawah, kiri, maupunkanan halaman.b. menggulung layar dokumen ke atas maupun ke bawahhalamanc. menggulung layar dokumen ke arah kiri maupun kananhalamand. menggulung layar dokumen ke arah atas dan kanan halaman

Membuat dokumen baru menggunakan program pengolah kata
 Perangkat lunak pengolah kata (Bahasa Inggris: word processor) adalah suatu aplikasi komputer yang digunakan untuk produksi (termasuk penyusunan, penyuntingan, pemformatan, dan kadang pencetakan) segala jenis bahan yang dapat dicetak. Pengolah kata adalah suatu bentuk program aplikasi yang desaign khusus yang mempunyai fungsi sebagai alat bantu/proses untuk pembuatan sebuah tulisan atau dokumen pada komputer. Kata-kata dan kalimat tersebut dapat dibuat sesuai dengan keinginan kita, baik dari jenis huruf, tata letak dan lainnya. Dahulu pengolah kata yang dikenal dan banyak digunakan adalah “Wordstar” (diproduksi oleh MicroPro dengan beberapa versi seperti 4.0, 5.0, 5.5, 6.0 dan yang terakhir adalah versi 7.0, menggunakan system operasi PC-DOS) dan “WordPerfect” (salah satu very yang terkenal adalah versi 6.0, menggunakan system operasi PC-DOS).
Pengolahan kata yang terkenal dan yang paling banyak digunakan saat ini adalah “Microsoft Word” for windows mulai dari versi word 3.X, word 6.0, word97, word2000 dan saat ini word XP. Microsoft word for windows banyak digunakan sebab sudah cukup lengkap sebagai aplikasi pengolah kata dari pengetikan yang sederhana sampai yang rumit (mudah dalam penggunaan sehari-hari). Selain itu juga versi dari Microsoft word yang ada selalu kompatibel (dapat digunakan) dengan versi sebelumnya. Pada waktu pertama kali program pengolah kata berbasis komputer dibuat, keuntungan yang didapat dibandingkan dengan mengetik manual hanyalah kemampuan menghapus dan menyisipkan suatu teks, sehingga memungkinkan kita mengedit atau menggunakan dokumen yang pernah dibuat untuk keperluan baru. Perbaikan dan penambahan kemampuan pada program pengolah kata membuat pengetikan dokumen menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dengan pengolah kata yang sudah ditingkatkan kemampuannya, anda dapat dengan mudah mengatur bentuk/format halaman. Anda juga dengan mudah dapat memberikan efek cetak khusus.
StarWriter termasuk dalam jenis aplikasi yang dibundel didalam StarOffice yang diproduksi oleh Sun Microsystem. Berikut ini adalah versi yang dirilis 5.0, 5.2 dan 6.0. System operasi yang digunakan Windows 9x hingga Windows XP.

Misalnya :
• Cetak Tebal
• Cetak Miring
• Cetak Garis Bawah
• Dan lain-lain

Kemampuan standard yang lain misalnya :
• Penggabungan dokumen,
• Surat berganda,
• Pencarian dan pengetikan teks,
• Pembuatan catatan kaki,
• Pembuatan makro
• Operasi blok,
• Dan lain-lain.

Perkembangan perangkat kerasnya. Anda dapat menggunakan bermacam-macam jenis huruf, bahkan dapat mengkombinasikan dengan gambar atau grafik. Pengolah kata masa kini sudah sedemikian majunya sehingga selain kemampuan standard diatas, pengolah kata juga dilengkapai kemampuan untuk meningkatkan mutu cetakan (output) dokumen yang dihasilkan. Pengolah kata masa kini sudah dapat dengan mudah menggabungkan beberapa data dan beberapa sumber program aplikasi sekaligus dalam satu dokumen, misalnya sebuh dokumen bisa membuat label spreadsheet, grafik dan gambar. Batasan antara program pengolah kata dengan program dekstop publishing menjadi sangat sempit dan semakin kabur batasannya.

Perkembangan Program Pengolahan Kata
Aplikasi perangkat lunak perkantoran yang tersedia dan paling populer di pasaran sekarang adalah aplikasi office buatan Microsoft yang terpasang di jutaan komputer di dunia. Microsoft Office merupakan sekumpulan aplikasi perkantoran yang terdiri dari pengolah data (word processor), pengolah angka (spreadsheet), dan presentasi. Microsoft Office bukan satu-satunya aplikasi digital perkantoran yang tersedia di pasanan. Sebelum Ms Office, terdapat program pengolah kata lainnya yang pernah berkembang seperti WordPerfect, Chi-Writer, dan WordStar, Meskipun program tersebut sekarang sudah hilang. Setelah Microsoft memperkenalkan aplikasi Office yang bekerja di bawah Windows, pernah berkembang juga sistem pengolah kata dari Linux yang termasuk sistem open soure. Namun kualitas sistem tersebut masih kalah di banding Ms Office, sehingga Ms Office tetap mampu bertahan. Pada bulan Agustus 1999, Sun Microsystem menghadirkan aplikasi perkantoran yang di sebut StarOffice yang bisa di gunakan (dengan men-download) oleh siapa saja dan tidak perlu membayar. Namun, status “gratis” StarOffice pun akhirnya punah karena kualitasnya masih kalah dibandingkan Ms.Office. Padahal awalnya kita mengira kalau StarOffice adalah jawaban kelompok opensource dengan sistem operasi Linux yang sangat anti-Microsoft. Upaya untuk mendobrak dominasi Ms Office dengan segala fitur yang hampir mirip muncul dalam aplikasi berbasis open source yang baru yaitu OpenOffice. OpenOffice berbeda sama sekali dengan StarOffice walaupun di kembangkan berdasarkan kode program yang ada pada StarOffice terdahulu.
Perbaikan yang disediakan OpenOffice antara lain kemampuannya untuk membaca semua documen standar Ms Office tanpa tambahan aplikasi yang di kembangkan pihak ketiga. Mereka yang sebelumnya terbiasa dengan Ms Office akan merasa nyaman dengan OpenOffice karena semua perintah dalam aplikasi pengolah kata maupun angka, aplikasi presentasi dan lainnya semuanya sama. Kesamaan ini jelas akan memudahkan bagi mereka yang ingin migrasi dari Ms Office ke OpenOffice. Selain itu, OpenOffice tidak hanya dapat digunakan pada sistem operasi Linux, tetapi juga bisa digunakan di atas platform sistem operasi Windows.
Namun, masih ada beberapa persoalan antara kedua program tersebut, seperti dokumen Ms Office yang memiliki password tidak bisa dibuka di OpenOffice. Oleh karena itu, Microsoft Office masih mendominasi pasar.

Gambar 1.1 AbiWord 2.6.5

Portable AbiWord adalah program pengolah kata gratis yang mirip dengan Microsoft Word. Portable AbiWord keberadaannya sudah tenar di kalangan pengguna portable, ditambah program ini telah dikemas pada program portable apps.
AbiWord lebih cocok untuk berbagai kegiatan pengolahan kata dan memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis sejumlah dokumen termasuk jenis Word Perfect, Microsoft Word, OpenOffice.org, RTF, HTML, Palm dan masih banyak lagi.
Didukung fitur Grammer dan Spelling Checkers serta fitur berguna lainnya termasuk kemampuan mail merge. AbiWord juga memiliki sistem plugin yang memungkinkan Anda untuk menambahkan fitur-fitur tambahan yang tersedia pada seksi plugin, pada situsnya.
Anda harus menginstall AbiWord ini ke storage penyimpanan anda berupa flashdisk, memory stick dan perangkat penyimpanan lainnya, bar Abiword merupakan program open source pengolah kata yang cukup populer, multi platform (Windows, Linux, QNX, FreeBSD dan Solaris). Dengan ukuran installasi Word Processing hampir sekelas Microsoft word.
Dengan menambahkan installasi AbiWord Plugins ( 900 KB), kita bisa mendapatkan fasilitas tambahan import-export berbagai format dokumen termasuk format Office 2007. Tetapi jika terdapat format yang kompleks, kadang tidak sepenuhnya bisa dibuka dengan baik (belum sebagus OpenOffice 3)u anda bisa menjalankan applikasi ini di komputer mana saja yang anda mau.
4.1.1 Memulai Bekerja
Untuk membuka Abiword, klik menu BlankOn > Perkantoran > AbiWord?. Sama seperti aplikasi pengolah kata lainnya, pada pertama kali dibuka Abiword akan menampilkan kertas kosong yang siap untuk diisi atau diolah.
Antarmuka dari Abiword sangat sederhana dan lebih minimalis daripada aplikasi OpenOffice?.org Writer. Selain antarmuka, fiturnya pun juga lebih sedikit. Fitur-fitur yang tidak esensial pada aplikasi pengolah kata seperti drawing tidak akan Anda temukan pada aplikasi ini. Abiword memang ditujukan bagi yang menginginkan aplikasi pengolah kata yang sederhana dan ringan.
Untuk membuka suatu berkas pengolahan kata menggunakan Abiword, klik pada menu Berkas > Buka. Abiword menggunakan format khusus bernama ABW. Untuk format lainnya, Abiword mendukung berbagai format berikut :
• OpenDocument? Text (ODT)
• Microsoft Word Document (DOC)
• Rich Text Format (RTF)
• Hypertext Markup Language (HTML)
• Adobe Portable Document Format (PDF)
dll.

4.1.2 Pengenalan Antarmuka ¶
Berikut adalah bagian-bagian dari jendela antarmuka aplikasi Abiword dari atas ke bawah :
• Menu bar, berisikan berbagai perintah untuk Abiword dalam bentuk menu.
• Toolbar standar, berisikan berbagai ikon-ikon perintah esensial. Seperti membuat dokumen baru, membuka, menyimpan, mencetak, menyalin, dll.
• Toolbar formatting, berisikan berbagai ikon-ikon perintah serta pengaturan formatting. Seperti pengaturan jenis paragraph, ukuran fonta, jenis fonta, perataan, dll.
• Mistar/Ruler, membantu dalam mengukur panjang serta mengatur jarak tabulasi.
• Dokumen anda, disinilah dokumen Anda untuk disunting dan ditampilkan.
• Selain toolbar yang ada, Anda juga bisa menambahkan dua toolbar tambahan lagi yaitu : toolbar tabel dan toolbar ekstra. Masing-masing bisa dibuka melalui menu Tampilan > Papan Simbol Perintah.
4.1.3 Bekerja dengan Abiword ¶
Bekerja dengan Abiword sebenarnya sama dengan cara bekerja dengan aplikasi pengolah kata lainnya, seperti OpenOffice?.org Writer dan Microsoft Word. Pertama-tama, Anda bisa melakukan pengaturan halaman melalui menu Berkas > Aturan Halaman. Pengaturannya sangat sederhana, sebatas mengatur ukuran kertas dan jarak margin saja.

Kemudian, Anda bisa mulai melakukan pengetikan dokumen serta melakukan formatting dengan memanfaatkan toolbar format. Anda juga bisa memanfaatkan perintah dalam Format untuk melakukan formatting.
Abiword mendukung pembuatan tabel. Untuk membuat tabel, Anda bisa klik menu Table > Insert > Table. Kemudian, Anda bisa menentukan jumlah baris dan kolom pada tabel.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Abiword hanyalah berupa pengolah kata yang sederhana dan sangat esensil. Anda tidak akan menemukan fitur-fitur yang tidak terlalu penting dalam pengolahan teks. Namun, untuk melakukan ekspansi fitur, Abiword juga mendukung berbagai plugins yang bisa dipasang. Untuk menyimpan suatu berkas, klik pada menu Berkas > Simpan. Kemudian, tentukan lokasi penyimpanan, nama berkas serta format yang akan digunakan.


Mengelola dan mencetak dokumen

Mengolah dan mencetak dokumen

1.Mengedit dokumen
a. Mengeblok
1) satu kata : Double klik kata tersebut
2) satu baris : klik selection baris pada sebelah kiri baris tersebut
3) satu kalimat : tekan Ctrl lalu klik di dalam kalimat tersebut
4) semua isi file : klik 3 kali (triple klik) selection-bar
b. Menghapus karakter atau kata
untuk menghapus karakter huruf, kata maupun alinea perhatikan beberapa perintah dibawah ini:
1) menghapus satu huruf dari sebelah kanan : tekan tombol Backpace
2) menghapus satu huruf dari sebelah kiri : tekan tombol delete
3) menghapus satu kata dari kanan : tekan Ctrl+ Backpace
4) menghapus satu kata dari sebelah kiri : tekan Ctrl+ Delete
c. Mengubah font
langkah:
1) klik naskah yang akan di format dan kemudian block
2) klik tanda panah pada kotak font
3) dari font-font yang akan di tampilkan, klik salah satu jenis font yang diinginkan
d. Mengubah ukuran
langkah:
1) pilih naskah yang akan di format dan kemudian block
2) klik tanda panah pada kotak font
3) dari bermacam-macam ukuran yang ditampilkan, klik salah satu ukuran font yang diinginkan atau langsung mengetikkan angka pada kotak size kemudian tekan enter
e. Mengubah gya karakter
1) pilih naskah yang akan diubah dan kemudian block
2) klik tanda pada kotak B (Bold), I (Italic/miring), U (Underline) dan untuk mengembalikan klik sekali lagi

2.Mengatur tata letak dengan berbagai format ukuran kertas

1) klik menu file
2) klik menu page
3) muncul dialog Box page setup, yaitu ada 4 bagian (tub):
1.tab margin:untuk mengatur batas-batas ketikan
2.tab paper size:untuk mengatur kertas yang di pakai
3.tab paper souce
4) klik OK

3. Memberi nomor halaman

1) klik menu insert
2) klik page number
3) atur posisi dimana halaman akan di atas
4) atur dimana halaman diberikan
5) klik OK

4. Membuat format dengan kolom koran

kolom koran adalah suatu bentuk ketikan dimana naskah diatur tidak hanya dalam satu kolom melainkan lebih (multi kolom). sering dipakai untuk pembuatan brosur, pamphlet, setting koran atau majalah dan juga meningkatkan kualitas tampilan.
langkah:
1) ketikan naskah yang akan dijadikan kolom dan akhiri dengan menekan tombol enter
2) blok seluruh naskah jangan lebih atau kurang
3) blok menu format
4) klik column
5) pilih beberapa kolom yang akan di buat
6) klik OK.

5. Membuat dan menghapus header dan footer

a. Pengertian header dan footer
header dan footer adalah bagian atas dan bagian bawah naskah yang berisikan informasi berulang-ulang, misalnya nomor halaman, judul, pesan-pesan.
b. Membuat header dan footer
1) klik menu view
2) klik header dan footer
3) muncul lokasi pengisian header
4) klik teks untuk header dan footer
5) klik colse
c. Menghapus header dan footer
1) klik menu view
2) klik header dan footer
3) block header dan footer yang akan dihapus
4) klik delete, backpace atau cut
5) klik close untuk kembali ke lembar kerja MS.Word

6. Menyisipkan symbol

symbol adalah gambar atau lambang-lambang tertentu yang sering untuk menggantikan karakter atau ketikan tertentu. symbol memiliki sifat yang sama dengan font (huruf).
1) klik menu insert
2) klik menu symbol
3) klik symbol yang akan dikehendaki,
4) klik insert, kemudian klik close

7. Menyisipkan gambar

1) klik menu insert
2) klik picture
3) klik Clip Art
4) klik Go
5) pilih gambar pada teks pane
6) klik gambar yang di pilih

8. Mencetak dokumen dalam kertas

sebelum kita mencetak suatu naskah atau dokumen ke printer maka langkah yang utama mengedit ketikan : ukuran kertas, jarak baris dan perataan naskah.
1) klik file
2) klik print
3) klik OK

KELAS X BAB 12 Membuat Dokumen dengan Melibatkan Tabel, Gambar, dan Diagram

A. Membuat Tabel

Tabeldapat dibuat melalui:

• Menggunakan menu table
1. tempatkan kusor pada tempat yang table akan dibuat.
2.  tampil kotak dialogà Table à Insert àpilih menu table
3. setelah  ok.àsudah mengatur formatnya sesuai keingginan
• Menggunakan ikon insert table
1. tempatkan kusor pada tempat yang table akan dibuat.
2. klik ikon insert table pada toolbar standard
3. suatu kotak table akan muncul, tentuka jumlah baris dan kolom dengan menggeser mouse padda grid table
• Menggunakan ikon table and borders
1. letakan kusor pada tempat yang akan dibuat table
 draw tableà2. pilih menu table  atau klik ikon table and borders pada toolbar standard

B. Mengatur Border and Shading Table


Pada Microsoft word table sudah menggunakan border secara otomatis. Untuk mengubah border (bingkai) dan shading (warna belakang), dapat menggunakan cara :

• Sub menu border and shading pada menu format
• Sub menu Table auto format pada menu table atau ikon table auto format pada toolbar table and borders.
• Ikon border atau shading color pada toolbar table and borders.

C. Menyisipkan Baris, Sel atu Kolom


• Menyisipkan sel

1. Pilih sel pada table untuk menyisipkan sel baru
 Cellsà Insert à2. Table
3. akan tampil kotak dialog
4. lalu pilih sesuai keinginan --. Ok
• Menyisipkan Baris
1. Pilih baris pada table sesuai keinginan
2.  klik submenu yang diinginkanà Insert àTable
• Menyisipkan kolom
1. Pilih kolom yang diingikan pada table
2.  pilih salah satu menu.à insert àtable
D. Menghapus Sel, Baris dan Kolom

• Menghapus Cells

1. Pilih sel yang akan dihapus
 pilih sesuai katagorià Cells à Delete à2. Table   okà
• Menghapus Baris atau Kolom
1. Pilih kolom atau baris yang ingin dihapus.
 pilih Rowsà delete à2. Table  (baris) atau Colomns (kolom)

E. Mengatur Tinggi kolom dan Lebar Baris


Mengatus tinggi kolom atau lebar baris dapat dengan cara menggeser gridlines tanda pembatas baris atau kolom. Dan dapat juga menggunakan menu Table, dengan langkah –langkah ;

• Pilih kolom atau baris yang ingin dirubah tingginya
 akanà table properties à• Table   ok.àmuncul kotak dialog, lalu atur sesuai keinginan

F. Menggabung dan Memecah sel


Untuk memecaha atau menggabung dua sel atau lebih dapat dengan menggunkan ikon Marge cells atau dengan menu table atau juga dengan menu toolbar tables and boders, dengan langkah berikut :

• Blok sel yang akan diasstukan atau dipecah
• Pilih ikon marge cells (menggabaung) atau spit cells (memecah)

G. Mengoprasikan Drawing


Untuk mengoprasikan drawing dapat dengan menggunakan toolbar drawing. Pada toolbar drawing terdapat berbagai gambar baik animasi atau yang berhubungan denagan matematuka.

Untuk menampilkan toolbar drawing dapat dengan cara pilih menu
à
View   drawing.àToolbars

H. Menyisipkan Gambar


Untuk menyisipkan gambar dapat dilakukan dengan cara :

• Tempatkan pada tempat ytang akan disisipkan gambar
à
Picture à• Pilih menu Insert  From file
• Lalu pilih filenya
• Lalu ok.

I. Menyisipkan WordArt


Untuk menyisipkan WordArt dengan cara :

• Letakan kusor pada posisi yang diinginkan
à
picture à• Pilih menu Insert  WordArt
• Lalu akan mucul kotak yang berisi macam-macam bentuk WordArtt
 akan muncul kotak untuk menulisà ok à• Pili salah satu   ok.à atur font dan size font àteks yang diingikan

J. Menyisipkan AutoShapes


AutoShapes merupakan aplikasi untuk menyisipakn berbagai macam bentuk seperti bgan, oval dan lainya. Untuk menyisipkan AutoShapes dapt dengan cara
à Picture àpilih menu Insert   alkanmmuncul toolbaràAutoShapes   pilih bentuk yangàautoshapes  diinginkan.

K. Menggunakan Text Box


Kotak teks digunakan untuk menyisipkan teks yang tidak tergabung bagian dari dokumen. Kotak teks banytak digunakan dimajalah, Koran. Bulletin dan sebagainya untuk menampilkan tulisan pendukung.
Mail merge
 
8.Setelah semua field yang ada dihapus dan tombol Add diklik, maka akan muncultampilan seperti dibawah iniKetikan nama field yang dibuat kemudian klik tombol ok. Ulangi sesuai dengan jumlah field yang akan dibuat. Dalam contoh ini akan dibuat dua field, yaitu namadan tempat. Bila benar, maka tampilan berikutnya akan tampak seperti dibawahini. Kemudian klik tombol OK 
http://htmlimg2.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/4-6e833f496b.jpghttp://htmlimg2.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/4-6e833f496b.jpghttp://htmlimg2.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/4-6e833f496b.jpg
 
9.Pada tampilan berikutnya, isikan data sesuai dengan nama field yang dibuatkemudian klik New Entry untuk menambahkan data dan Close bila selesai.simpan dengan nama data kemudian10.Setelah disimpan akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Selanjutnya klik tombol OK.Setelah tombol ok diklik, akan muncul Mail Merge Toolbar yang nantinya akankita gunakan untuk menyisipkan field-field dari dokumen data. Klik icon sepertiyang terlihat pada gambar dibawah ini untuk mulai menyisipkan field11.Pada tampilan dialog berikutnya, pilih field yang akan di sisipkan kemudian klik tombol Insert. Bila benar akan muncul nama field dalam kurung siku padadokumen inti seperti terlihat pada contoh dibawah ini
http://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/5-159daa8c8f.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/5-159daa8c8f.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/5-159daa8c8f.jpg
 
12.Setelah selesai, klik icon Merge to New Document pada Mail Merge Toolbar untuk mulai menggabungkan dokumen. Pada tampilan berikutnyaPilih All untuk menggabungkan seluruh data yang pada dokumen data ke dokumeninti kemudian klik tombol OK. Bila benar,maka akan terbentuk sebuah dokumen baru dengan jumlah halaman yang samadengan jumlah data pada dokumen data>> SELAMAT MENCOBA <<
http://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/6-b27080a966.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/6-b27080a966.jpghttp://htmlimg1.scribdassets.com/970zmplips9ocq4/images/6-b27080a966.jpg


Membuat karya dengan menggunakan program pengolah kata.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar